Lionel Messi Jatuh ke Titik Nadir

Kompas.com - 14/04/2016, 16:45 WIB
Ekspresi Lionel Messi saat Barcelona kalah 0-2 dari Atletico Madrid pada perempat final kedua Liga Champions di Stadion Vicente Calderon, Rabu (13/4/2016). JOSEP LAGO/AFP Ekspresi Lionel Messi saat Barcelona kalah 0-2 dari Atletico Madrid pada perempat final kedua Liga Champions di Stadion Vicente Calderon, Rabu (13/4/2016).
|
EditorAnju Christian

MADRID, KOMPAS.com - Lionel Messi kembali gagal mencetak gol saat Barcelona kalah 0-2 dari Atletico Madrid pada perempat final kedua Liga Champions di Stadion Vicente Calderon, Rabu (13/4/2016).

Dengan begitu, Messi sudah mengalami paceklik gol selama 452 menit pada berbagai ajang yang dilakoni Barcelona. Himpunan menit tanpa gol itu terdistribusi menjadi lima laga terakhir.

Sebelum dalam laga ini, bintang asal Argentina ini tampil tumpul pada laga kontra Real Sociedad, Atletico, Real Madrid, dan Villarreal.

Bagi pemain seperti Messi, catatan itu tergolong ganjil. Ini menjadi puasa gol terlama Messi dalam enam tahun terakhir.

Periode tanpa gol Messi pada April 2016 barangkali bisa ditelusuri dari statistik miliknya.

Dalam lima laga terakhir, pemain bejulukan La Pulga melepaskan total 23 tembakan atau rata-rata tak sampai lima per partai. Cuma seperempat dari upaya tersebut yang menemui sasaran.

Media Spanyol juga membahas faktor lain yang diduga menyebabkan ketumpulan Messi. Belakangan, sang bintang disebut tampil dengan otot yang sakit hingga tak leluasa pamer aksi-aksi terbaik.

Opini tersebut diperkuat oleh kepergian Messi ke Italia untuk menemui nutrisionis Giuliano Poser beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, kubu Barcelona menyanggah kondisi fisik Messi bermasalah. Pelatih Luis Enrique juga tak mau menyalahkan Messi setelah timnya gagal melangkah ke semifinal Liga Champions.

"Sangat tidak adil menyoroti individu usai kekalahan ini. Kami memang sedang berada dalam periode yang buruk dalam penyerangan dan pertahanan," ujar Enrique.

Seperti dilansir UEFA, Messi terakhir kali mengalami ketumpulan serupa pada periode 14-28 April 2010. Saat itu, dia absen menjebol gawang musuh dalam 527 menit.

Ingat pula bahwa pada musim 2009-2010, Barcelona gagal melanjutkan misi meraih treble secara beruntun karena disingkirkan Inter Milan di semifinal Liga Champions dan Sevilla di babak 16 besar Copa del Rey.

Mundur lagi ke belakang, Messi sempat mengalami paceklik lebih lama. Dia gagal mencetak gol dalam tujuh partai dari musim 2006-2007 sampai 2007-2008. (Beri Bagja)

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X