Prediksi Indonesia Vs Laos, Adakah Keajaiban?

Kompas.com - 28/11/2014, 08:19 WIB
Trofi Piala AFF. Dok. AFF Suzuki CupTrofi Piala AFF.
|
EditorOkky Herman Dilaga
Laporan langsung wartawan Kompas.com Okky Herman Dilaga dari Hanoi, Vietnam.

HANOI, KOMPAS.com — Indonesia membutuhkan keajaiban untuk lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2014. Jika meraih kemenangan pada laga terakhir melawan Laos di Stadion Hang Day, Hanoi, Jumat (28/11/2014), hal itu belum tentu bisa membawa pasukan Alfred Riedl melenggang ke babak selanjutnya.

Indonesia masih harus berharap pada pertandingan lain antara Filipina melawan Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, yang dihelat pada waktu bersamaan.

Saat ini, Indonesia menempati urutan ketiga Grup A dengan mengumpulkan satu poin. Sementara itu, Filipina memimpin klasemen dengan enam poin dan Vietnam membuntuti dengan empat poin. Adapun Laos sudah masuk kotak karena menelan kekalahan dalam dua laga terakhir.

"Target kami adalah meraih kemenangan pada laga terakhir. Saya bahagia meski nanti tidak bisa menang besar. Saya akui, mental tim sedang jatuh setelah hasil dalam dua laga terakhir. Namun, kami sudah melupakannya," kata Riedl dalam jumpa pers, Kamis (27/11/2014).

Sementara itu, Laos, tidak ingin menyerah begitu saja dari Indonesia. Pelatih David Booth sudah menginstruksikan para pemainnya untuk tampil dengan semangat tinggi meski Laos tidak punya harapan lolos ke semifinal.

"Kami ingin meraih poin. Kami tidak ingin pulang ke rumah tanpa meraih hasil apa pun," kata Booth.

Ketergantungan Indonesia terhadap laga lain menjadi salah satu faktor yang membuat tiket semifinal sulit diraih. Indonesia berharap bisa menang besar melawan Laos, sambil berdoa Vietnam mengalami kekalahan dengan skor telak dari Filipina.

Namun, Filipina kemungkinan besar bakal turun dengan para pemain lapis kedua saat menghadapi Vietnam. Sudah digenggamnya tiket semifinal membuat pelatih Thomas Dooley bisa santai menurunkan para pemain yang biasa menjadi cadangan demi memperbaiki kebugaran pemain utama.

Kemungkinan tersebut jelas bisa menjauhkan peluang Indonesia lolos ke semifinal. Ya, Indonesia butuh sebuah keajaiban untuk mewujudkannya.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X