Indra Sjafri Juga Siapkan Skuad Timnas U-19 sebagai Pelatih Masa Depan

Kompas.com - 01/09/2014, 12:16 WIB
Pemain melakukan jogging di akhir pemusatanan latihan tim nasional Indonesia U-19 yang digelar di lapangan Hotel Kusuma Agrowisata, Sabtu (9/11/2013). Ferril DennysPemain melakukan jogging di akhir pemusatanan latihan tim nasional Indonesia U-19 yang digelar di lapangan Hotel Kusuma Agrowisata, Sabtu (9/11/2013).
EditorTri Wahono


JAKARTA, KOMPAS.com
- Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri tidak hanya mengasah kemampuan skuad Garuda Jaya di lapangan semata. Pelatih asal Padang, Sumatera Barat ini juga memikirkan masa depan Evan Dimas dkk setelah gantung sepatu alias tidak lagi aktif sebagai pemain.

"Saya sudah tata masa depan mereka nantinya. Bukan hanya soal skill saja, tapi sudah jauh ke depan. Diharapkan mereka nantinya bisa berguna buat bangsa," ujar Indra Sjafri kepada Harian Super Ball, Minggu (31/8/2014).

"Makanya saya minta mereka semuanya kuliah. Tentu saja proses belajarnya menyesuaikan dengan jadwal kita," lanjut Indra 

Sebagian besar pemain timnas Indonesia U-19 menjalani kegiatan perkuliahan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Mereka masuk ke perguruan tinggi ternama itu melalui jalur olahraga.

Selain memikirkan pendidikan umum, Indra juga menyarankan kepada anak asuhnya untuk mengambil sertifikat pelatih lisensi C. Sehingga, begitu karir di sepakbola sebagai pemain sudah habis, mereka bisa melanjutkan kegiatan di lapangan hijau sebagai pelatih.

"Saya sudah sampaikan dari awal kepada mereka harus mengambil lisensi C agar nantinya bisa menjadi pelatih. Sehingga setelah saya selesai banyak generasi penerusnya," ujar Indra.

Timnas U-19 yang berhasil meraih juara di turnamen AFF 2013 ini diharapkan mampu mengulangi kesuksesannya di Piala Asia 2014 Myanmar, Oktober mendatang. Bahkan, bila sampai masuk babak semifinal, timnas U-19 berhak mengikuti pra kualifikasi Piala Dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami mohon dukungan dan doanya dari masyarakat agar bisa meraih terget Oktober nanti," ujarnya.

Timnas U-19 bersiap untuk menjalani pemusatan latihan di Eropa, awal September 2014. Indra memilih anak asuhnya berkonsentrasi untuk mematangkan penyerangan dan pertahan dalam pemusatan latihan dan menanggalkan Turnamen Pre-Repatori AFF Vietnam.

Adalah Timnas Indonesia U-19B yang dibesut pelatih Rudi William Keltjes yang akan menggantikan peran Evan Dimas dkk di laga Pre-Repatori itu.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.