Kompas.com - 29/06/2014, 06:03 WIB
Gelandang Kolombia, James Rodriguez, merayakan golnya seusai membobol gawang Uruguay, Sabtu (28/6/2014). AFP PHOTO / EITAN ABRAMOVICHGelandang Kolombia, James Rodriguez, merayakan golnya seusai membobol gawang Uruguay, Sabtu (28/6/2014).
|
EditorTjatur Wiharyo
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Kolombia lolos ke perempat final Piala Dunia 2014, setelah mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0 di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Sabtu (28/6/2014). Los Cafeteros pun menorehkan sejarah karena untuk kali pertama lolos ke perempat finalsepanjang sejarah mereka di Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka sebelumnya adalah lolos ke perdelapan final pada Piala Dunia 1990.

Kemenangan Kolombia berkat penampilan gelandang muda terbaiknya, James Rodriguez, yang mencetak dua gol. Pemain AS Monaco tersebut menciptakan gol indahnya pada gol pertama yang diciptakan pada menit ke-28. Menerima umpan dari Abel Aguilar, Rodriguez yang berada di luar kotak penalti dalam posisi membelakangi gawang Uruguay, mengontrol bola menggunakan dadanya.

Tanpa disangka, Rodriguez langsung melepaskan tendangan keras kaki kiri sebelum bola menyentuh tanah. Sepakan Rodriguez tak bisa dihentikan kiper Fernando Muslera. Bola sempat mengenai mistar gawang sebelum masuk merobek jala Uruguay.  

Rodriguez kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-50.  Kali ini, tembakan kaki kanan Rodriguez bersarang ke gawang Fernando Muslera.

Gol tersebut berawal dari kerja sama apik beberapa pemain Kolombia. Dimulai umpan Jackson Martinez kepada Pablo Armero di sisi kiri, bola lalu diumpankan ke arah tiang jauh. Di sana, sudah berdiri Juan Cuadrado yang ternyata tidak menyundul bola langsung ke arah gawang, melainkan memberi umpan ke depan mulut gawang Uruguay.

Rodriguez yang sudah menunggu, tanpa kesulitan menceploskan bola untuk membawa Kolombia menggandakan skor. Rodriguez untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2014 dengan torehan lima gol, melampui Lionel Messi, Neymar, dan Thomas Mueller.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.