Timnas U23 Perlu Pemain yang Layak Jadi "Playmaker"

Kompas.com - 21/03/2014, 18:59 WIB
Timnas U23 saat mengelar latihan di UNY KOMPAS.com/Wijaya kusumaTimnas U23 saat mengelar latihan di UNY
|
EditorCaroline Damanik

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Asisten Pelatih Timnas U23, Mustaqim, menegaskan bahwa timnas U23 masih membutuhkan pemain di posisi playmaker dan striker. Kebutuhan ini dilihat berdasarkan evaluasi laga kontra Malaysia U21.

"Hasil evaluasi saat bertanding dengan Malaysia kita masih membutuhkan pemain di posisi striker dan playmaker," kata Mustaqim, Jumat (21/3/2014).

Dia menjelaskan, saat bermain melawan timnas Malaysia U21 beberapa waktu lalu, pelatih melihat belum ada pemain yang pandai mengatur ritme permainan. Selain itu, banyak juga peluang-peluang matang yang gagal dikonversi menjadi gol.

Namun demikian, lanjutnya, dalam laga kontra tersebut, kondisi kebugaran para pemain terlihat sangat bagus. Rizky Pelu (PBR) dan Bayu Gatra (Putra Samarinda) yang memiliki volume oksigen maksimal yang dapat diolah tubuh di atas 55 ml/kg dapat bermain bugar selama 2 x 45 menit. Menurutnya, kondisi ini akan semakin bagus jika diimbangi oleh pemain lain yang juga punya kebugaran tak jauh beda dengan ketiga pemain tersebut.

"Kebugaran setiap pemain itu sangat penting. Jika semua pemain kondisinya sama tentu akan lebih baik," tuturnya.

Sementara itu, pada hari kedua training camp di Yogyakarta, 23 pemain menjalani ujian kebugaran tubuh di stadium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dari tes tersebut, terlihat kondisi kebugaran para pemain cukup baik sesuai standar yang ditetapkan oleh pelatih Aji Santoso.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X