Akun FB Manchester City dapat 1 Juta "Like" dari Indonesia

Kompas.com - 16/02/2014, 01:09 WIB
Penyerang Manchester City, Sergio Aguero, merayakan golnya usai membobol gawang Arsenal dalam lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (14/12/2013). AFP PHOTO / ANDREW YATESPenyerang Manchester City, Sergio Aguero, merayakan golnya usai membobol gawang Arsenal dalam lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (14/12/2013).
EditorErvan Hardoko

MANCHESTER, KOMPAS.com - Upaya Manchester City untuk meraup penggemar sebanyak-banyaknya dari Indonesia ternyata tidak main-main. Salah satunya adalah meluncurkan situs resmi dalam bahasa Indonesia.

Pada September tahun lalu, Manchester City resmi meluncurkan 10 bahasa baru untuk situs resminya, termasuk bahasa Indonesia. Tak cukup dengan memiliki situs resmi, "The Citizen" juga membuka akun resmi Facebook dan Twitter.

Kedua akun Manchester City di media sosial paling banyak digunakan di dunia memang baru berusia tiga bulan. Namun, dalam usia yang singkat itu akun Facebook Manchester City sudah mendapatkan "like" dari lebih satu juta orang penggemar di Indonesia saja. Total akun Facebook Manchester City saat ini mencapai hampir 9,5 juta "like" dari seluruh dunia.

Satu juta "like" ini membuktikan perlahan namun pasti, Manchester City mulai memiliki basis penggemar di Indonesia. Salah seorang penggemar Kun Aguero dan kawan-kawan ini adalah mantan sekretaris kementerian BUMN, Muhammad Said Didu.

‘’Ada klub bola Inggris yang mendobrak kemapanan EPL dengan strategi lompatan langsung ke papan ata, bukan cara bertahap.  Intinya sesuai jiwa saya, lakukan perubahan untuk perbaikan pada tiap aspek, jangan terpenjara dengan kemapanan dan itu saya lihat ada pada kultur Manchester City’’ ucap Said Didu yang mengaku sudah menjadi pendukung sebelum Manchester City meraih juara EPL tahun 2011/12.

‘’Upaya menyapa pendukung  Manchester City sangat bagus dan harus dijadikan media perekat untuk menularkan kultur perubahan untuk perbaikan dalam berbagai hal. Ini juga penting bagi negara kita yg rakyatnya habis waktu dan terpecah belah karena politik. Olah raga, terutama bola bisa hilangkan sekat-sekat sosial dan politik individu," tambah Didu.

Dobrakan-dobrakan baik di dalam dan di luar lapangan yang dilakukan Manchester City yang membuat klub terus mendapat penggemar baru dengan cepat di Indonesia.

‘’Saya yakin Indonesia secepatnya akan menjadi rumah ketiga untuk City, setelah Manchester dan Abu Dhabi tentunya,’’ kata Reza Alatas dari sebuah klub pendukung Manchester City di Indonesia, MCSCI Chapter Jakarta.

Ternyata perkembangan penggemar City tak hanya di kota-kota besar Pulau Jawa seperti Jakarta. Perkumpulan penggemar "The Citizen" juga terbentuk di sisi paling timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Papua.

‘’Antusiasme terhadap MCFC di Indonesia sangat luar biasa. Ke depan Indonesia akan menjadi basis terbesar di Asia,’’ kata Muhammad Faruq yang menjadi ketua MCSCI chapter Jayapura.

Dan pernyataan itu diperkuat oleh penggemar independen Julyanto. ‘’Indonesia begitu luas dan banyak klub berebut penggemar di Indonesia, tetapi MCFC adalah pilihan kami,’’ katanya.

Harapan penggemar City adalah komunikasi dua arah antara klub dan penggemar di Indonesia bisa terjalin lebih baik. Salah satu yang dilakukan City adalah mengundang para pendukung untuk mengisi situs resmi kami dengan tulisan-tulisan mereka.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X