Kompas.com - 21/11/2013, 05:25 WIB
Gelandang serang FC Porto, Juan Fernando Quintero. AFP PHOTO / FRANCISCO LEONGGelandang serang FC Porto, Juan Fernando Quintero.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Pendukung FC Porto kecewa dengan keputusan klub melepas gelandang serang James Rodriguez ke AS Monaco pada musim panas lalu. Kekecewaan fans Porto belum pudar meski pihak klub memboyong pengganti Rodriguez, yakni Juan Fernando Quintero. Namun, perlahan, Quintero kini mulai menjadi pujaan fans Porto.

Bila dibanding Rodriguez, karier Quintero memang belum cukup mentereng. Nama Quintero pun baru sedikit dikenal saat diboyong klub promosi Serie-A, Pescara pada musim 2012-13. Awalnya, Quintero bermain untuk klub Kolombia, Envigado dan Atletico Nacional.

Meski baru semusim merasakan atmosfer sepak bola Eropa, Quintero ternyata telah menarik minat banyak klub Eropa. Porto akhirnya melayangkan tawaran 5 juta euro demi menjadikan Quintero sebagai pengganti kepergian Rodriguez.

Pemain berusia 20 tahun itu menyetujui tawaran kontrak berdurasi empat tahun dari Porto. Pihak klub lantas memagari Quintero dengan klausul minimum pelepasan mencapai 40 juta euro.

Didukung legenda

Jika banyak pendukung Porto yang sempat meragukan kualitas Quintero, tidak halnya dengan beberapa orang yang berkecimpung di dalam sepak bola. Mantan pemain Porto, Deco, serta pelatih tim nasional Kolombia, Jose Pekerman, memuji kualitas Quintero.

"Quintero merupakan pemain berpotensi besar. Ia memiliki kualitas dan bisa mencapai level tertinggi. Ia hanya butuh waktu (untuk membuktikannya)," jelas Deco saat menghadiri pembukaan museum di Porto, Oktober lalu.

Permainan Quintero sewaktu bermain di Pescara ternyata diamati Pekerman. Quintero sempat dipanggil memperkuat Kolombia untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Peru dan Ekuador pada 2012. Namun, Quintero tidak dimainkan Pekerman pada dua laga tersebut.

Quintero mendapat kesempatan kembali saat mendapat panggilan ketiga membela Kolombia saat menghadapi Kamerun, juga pada 2012. Akhirnya, Quintero diberi kepercayaan oleh Pekerman. Sampai saat ini, Quintero sudah tampil sebanyak tiga kali untuk Kolombia.

"Ia masih muda dan bisa banyak belajar. Kami memiliki pemain-pemain berkualitas, terutama di sektor gelandang dan striker. Quintero merupakan salah satu pemain berkualitas," puji Pekerman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.