Kompas.com - 09/10/2013, 19:58 WIB
Pemain Indonesia Andik Vermansah menendang bola dalam laga persahabatan melawan Chelsea di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2013). Laga ini merupakan bagian dari  rangkain tur klub Chelsea di Asia. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESPemain Indonesia Andik Vermansah menendang bola dalam laga persahabatan melawan Chelsea di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2013). Laga ini merupakan bagian dari rangkain tur klub Chelsea di Asia.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOFU, Kompas.com — Andik Vermansah sedang melakoni trial di klub Liga Jepang, Ventforet Kofu.  Di sana, tulisan nama Andik takkan ditemui dalam huruf Latin, tetapi tertera dalam huruf Jepang.

Seperti diketahui, Jepang tidak menggunakan huruf Latin dalam tulisan mereka. Tak heran jika di sepak bola, nama di punggung pemain sering tak kita mengerti karena menggunakan huruf Jepang.

Andik pun demikian, bukan Andik Vermansah yang tertulis, melainkan tulisan dengan huruf Jepang. Ejaannya juga bukan Andik Vermansah, melainkan Andiku Berumansa.

Dulu ketika striker Indonesia, Ricky Yacob, memperkuat Matsushita Electric (sekarang berganti nama menjadi Gamba Osaka), namanya juga diubah jadi ejaan Jepang menjadi Riki Yakobi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.