Tundukkan City 3-1, Bayern Puncaki Klasemen Grup D - Kompas.com

Tundukkan City 3-1, Bayern Puncaki Klasemen Grup D

Kompas.com - 03/10/2013, 03:47 WIB
AFP/ANDREW YATES Gelandang Bayern Muenchen, Franck Ribery (kanan), meringis kesakitan setelah berjibaku dengan bek Manchester City, Micah Richards, dalam laga fase Grup D di Etihad Stadium, Manchester, Rabu (2/10/2013). Bayern menang 3-1 dan Ribery mencetak gol pertama The Bavarian.
MANCHESTER, KOMPAS.com — Bayern Muenchen memuncaki klasemen Grup D setelah mengalahkan tuan rumah Manchester City 3-1 matchday kedua fase Grup D di Emirates Stadium, Rabu (2/10/2013) malam waktu setempat atau Kamis (3/10/2013) dini hari WIB. Gol-gol Die Roten diberikan oleh Franck Ribery, Thomas Mueller, dan Arjen Robben. Sementara City memperoleh gol dari Alvaro Negredo yang masuk sebagai pengganti.

Pertandingan baru berjalan enam menit ketika Franck Ribery menjebol gawang City lewat tendangan berjarak 25 yard dari luar kotak penalti setelah menerima operan. Bola meluncur mulus tanpa bisa ditahan Joe Hart.

Setelah itu, City beberapa kali merangsek ke kotak penalti Bayern dengan empat hingga lima pemain, tetapi mereka belum mampu mengkreasikan peluang yang mengancam Manuel Neuer. Sementara Bayern yang mengandalkan permainan menekan dan counter-attack tampak lebih percaya diri untuk mendominasi setelah gol Ribery.

Pada menit ke-32 David Alaba memiliki peluang menambah gol Bayern. Tendangannya dari luar kotak penalti ditangkap dan memantul dari tangan Hart, dan segera disambar oleh bek muda Austria itu. Namun, tendangannya masih terlalu lemah dan bisa diamankan oleh Hart.

Pada babak kedua, City mencoba mengambil alih inisiatif serangan. Namun, Bayern kembali mendapat peluang mencetak gol, kali ini lewat Arjen Robben pada menit 51. Sayang tembakannya hanya melebar dari sisi kiri gawang Hart.

Thomas Mueller menggandakan keunggulan Bayern pada menit ke-55. Dari momen serangan balik, Dante mengirimkan umpan panjang ke Mueller. Memanfaatkan kelengahan Gael Clichy, Mueller berlari sendirian untuk menaklukkan Hart dan memperlebar skor dengan tuan rumah.

Belum habis rasa terkejut Citizens, Robben ganti menjebol gawang Hart. Toni Kroos yang memenangkan bola dari Fernandinho mengirim bola ke Robben. Robben berlari melewati barisan pertahanan City dan memasukkan bola dari sisi kanan kotak penalti.

Unggul tiga gol tak membuat Bayern mengurangi tekanan ke area pertahanan City. Mueller berpeluang menambah golnya pada menit ke-75, tetapi bola ditepis Hart dan ketika memantul, upaya kedua Mueller hanya membuat bola membentur tiang gawang.

Demi mengubah ritme permainan, Manuel Pellegrini lalu memasukkan Alvaro Negredo dan David Silva. Kehadiran keduanya terbukti membantu City. Hasilnya Alvaro Negredo mencuri satu gol pada menit ke-78.

Silva merangsek dari sisi kiri lapangan dan mengirim umpan untuk Negredo. Dengan sedikit gerakan memutar, penyerang anyar City tersebut mengelabui Jerome Boateng dan merobek gawang Bayern.

Lima menit terakhir, Bayern harus bermain dengan 10 orang karena Boateng diganjar kartu merah akibat tekel terlambat terhadap Yaya Toure. City mendapat tendangan bebas, tetapi eksekusi David Silva hanya melambung.

Tetap dimotori Silva, City berupaya menekan pertahanan Bayern. Namun skor akhir tetap 3-1 untuk kemenangan Die Roten.

Berdasarkan catatan UEFA, Bayern unggul penguasaan bola 61 persen berbanding 39 persen. Mueller dkk juga memiliki 13 peluang on-target dari 20 peluang, sementara City 2 peluang on-target dari total 9.

Dengan hasil ini Bayern memuncaki klasemen Grup D dengan 6 poin. Sementara City masih berada di peringkat kedua dengan 3 poin hasil kemenangan atas Viktoria Plzen dalam matchday pertama.

- Susunan pemain

City: 1-Joe Hart; 2-Micah Richards, 4- Vincent Kompany, 22- Gael Clichy, 33-Matija Nastasic; 42-Yaya Toure, 25-Fernandinh; 8-Samir Nasri (7-James Milner, 69'), 15-Jesus Navas; 10-Edin Dzeko (9-Alvaro Negredo, 57'), 16-Sergio Aguero (21-David Silva, 69')
Pelatih: Manuel Pellegrini

Bayern: 1-Manuel Neuer; 13-Rafinha, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 21-Philipp Lahm; 10-Arjen Robben (11-Xherdan Shaqiri, 77), 31-Bastian Schweinsteiger (15-Jan Kirchhoff, 75'), 39-Toni Kroos, 7-Franck Ribery (19-Mario Goetze, 83); 25-Thomas Mueller
Pelatih: Pep Guardiola


Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar
Close Ads X