Kompas.com - 05/09/2013, 21:20 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
HELSINKI, Kompas.com - Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, memiliki beberapa teka-teki yang harus dipecahkan sebelum El Matador bertemu Finlandia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 di Helsinki, Jumat (6/9/2013). Hal paling rumit adalah memilih penjaga gawang, antara Iker Casillas dan Victor Valdes.

Casillas, si kapten tim, tak tergantikan selama lebih dari satu dekade untuk laga internasional, baik di kejuaraan Eropa maupun dunia, telah menjadi pahlawan bagi fans. Akan tetapi, dia mulai kehilangan tempat di tim utama Real Madrid dalam musim terakhir sebelum Jose Mourinho hengkang ke Chelsea. Hingga kini, saat Madrid sudah dilatih Carlo Ancelotti, Casillas belum mendapat kepercayaan untuk jadi nomor satu.

Hal sebaliknya terjadi pada Valdes. Meskipun performanya bersama Barcelona sangat gemilang, tetapi dia selalu berada di bawah bayang-bayang Casillas. Kini, momen untuk jadi nomor satu terbuka lebar seiring situasi buruk yang tengah melanda Casillas.

Namun sampai sekarang, Del Bosque belum mau menyatakan kepada publik siapa akan menjadi kiper utama La Furia Roja dalam laga yang krusial itu. Padahal, dia mengaku telah membuat keputusan mengenai penjaga gawang yang tampil di pertandingan tersebut.

Spanyol saat ini memimpin klasemen sementara Grup I dengan keunggulan satu poin atas Perancis. Jika mereka berhasil mengalahkan Finlandia, maka juara bertahan ini selangkah lebih dekat menuju putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Kami memiliki tiga penjaga gawang yang luar biasa (termasuk penjaga gawang Napoli Pepe Reina) dan satu dari mereka bisa bermain dengan sangat sempurna," ujar mantan pelatih Madrid ini dalam jumpa pers, Kamis (5/9).

Hal lain yang membuat Del Bosque pusing adalah absennya beberapa pemain kunci karena cedera, termasuk Sergio Busquets dan Xabi Alonso. Sementara itu bek tengah Gerard Pique tak bisa bermain karena mendapat hukuman.

Dengan absennya Javi Martinez dan Thiago Alcantara, Javi Garcia dan Mario Suarez masuk skuad sebagai pengganti Busquets dan Alonso. Ini akan menjadi kesempatan bagi dua pemain tersebut untuk membuktikan kemampuannya, sehingga bisa kembali terpilih pada putaran final tahun depan.

Mengenai calon lawan, Del Bosque pun harus menemukan cara yang tepat sehingga pasukannya bisa meruntuhkan pertahanan Finlandia. Hasil pertemuan sebelumnya di Gijon pada bulan Maret lalu, yang berakhir imbanga 1-1, memperlihatkan bagaimana rapatnya barisan pertahanan Finlandia. Meskipun mendominasi jalannya pertandingan, Spanyol hanya bisa mencetak satu gol.

Finlandia saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara. Mereka terpaut empat poin dari Perancis, dan masih memiliki harapan menuju Brasil dengan berusaha meraih satu tempat untuk play-off.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.