Kompas.com - 02/07/2013, 01:14 WIB
Roman Abramovich STANDARD.UKRoman Abramovich
|
EditorAloysius Gonsaga AE
LONDON, KOMPAS.com — Tahun 2013 menandai genap satu dekade miliarder Roman Abramovich menjadi pemilik Chelsea. Menurut direktur klub The Blues, Bruce Buck, setelah memenangkan Liga Europa musim lalu, Abramovich akan tetap haus gelar, apalagi Chelsea musim depan akan kembali dinakhodai Jose Mourinho.

"Apakah Abramovich akan bosan setelah memenangkan semua trofi? Saya rasa tidak. Apakah Jose Mourinho bisa membawa lebih banyak kesuksesan? Menurut saya, ya," kata Buck.

Pada tahun pertamanya mengambil alih Chelsea, pemilik perusahaan investasi Millhouse LLC ini mengucurkan dana sebesar 150 juta poundsterling untuk pembelian pemain.

Kedatangan Abramovich pun terjadi di saat yang tepat. Sebab, saat itu, Chelsea sedang berada dalam kondisi kesulitan keuangan. Hal ini diakui oleh Buck. Ia memuji semangat Abramovich dan menyebut pria berusia 46 itu mampu melihat potensi yang dimiliki Chelsea.

"Sepuluh tahun lalu hanya sedikit yang bisa menduga bahwa Abramovich bisa mengubah Chelsea dari klub papan tengah yang nyaris bangkrut menjadi salah satu tim terkuat. Memang proses itu harus dilalui dengan pergantian pemain nyaris sebanyak trofi yang kami dapat, tetapi hasil yang kami capai sudah membuktikan segalanya," kata Buck.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Ron Gourlay menilai bahwa peraturan finansial menuntut Chelsea memfokuskan lebih banyak ke perkembangan akademi pemain. Namun, seperti Buck, ia tak lantas mementahkan kontribusi Abramovich.

"Investasi Abramovich dalam pembelian pemain berjasa menciptakan tim yang dikagumi. Tetapi, kami harus tetap memproduksi pemain sendiri unntuk mempertahankan Chelsea sebagai salah satu klub elite. Akademi sepak bola klub akan membantu memenuhi syarat Financial Fair Play," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.