Semen Padang Masuk Kelompok Elite Asia

Kompas.com - 15/05/2013, 03:14 WIB
Editor

Padang, Kompas - Semen Padang masuk ke dalam kelompok elite delapan tim Asia yang akan berlaga dalam babak perempat final turnamen Piala AFC 2013. Itu dipastikan setelah tim berjuluk ”Kabau Sirah” tersebut mengandaskan perlawanan tim asal Vietnam, SHB Da Nang, 2-1 (1-1), pada laga 16 besar di Stadion Haji Agus Salim, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (14/5).

Laga berikutnya bagi Semen Padang di perempat final dijadwalkan pada September mendatang. Sementara SHB Da Nang otomatis tersingkir dari peta persaingan.

Pelatih Semen Padang Jafri Sastra berpendapat, anak-anak asuhannya masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri jelang perempat final. ”Masih ada waktu untuk melakukan evaluasi,” kata Jafri.

Faktor Pagbe

Pada laga yang dipadati ribuan penonton itu, Semen Padang belum mampu memanfaatkan faktor tuan rumah di babak pertama. Baru setelah pilar belakang David Pagbe dimainkan pada menit ke-40, menggantikan Saepuloh Maulana, serangan berubah.

Jafri menyebutkan, tekanan mental sebagai wakil Indonesia dalam perebutan Piala AFC 2013 pada laga menentukan turut memengaruhi penampilan anak- anak asuhannya.

Namun, masuknya Pagbe membuat moral pemain lain terangkat sekalipun ketinggalan lebih dulu oleh gol tukang gedor SHB Da Nang, Sebastián Gastón Merlo, pada menit ke-30.

Pagbe yang sudah absen sekitar tujuh bulan menyusul cedera lututnya itu membayar utangnya dengan masuk ke kotak penalti lawan. Namun, ia dilanggar Nguyen Tan Dien yang berbuah hadiah penalti.

Edward Wilson Junior yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik dan menyamakan skor 1-1.

Pada babak kedua, ”Kabau Sirah” tampil makin dominan. Konsentrasi pemain SHB Da Nang yang nyaris buyar menjelang akhir pertandingan akhirnya harus mereka bayar mahal saat tambahan waktu. Semen Padang unggul melalui gol Vendry Mofu yang berdiri bebas. (ink)



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X