Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Van Persie Blunder, Tapi Juga Paksa Arsenal Imbang

Kompas.com - 28/04/2013, 22:46 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Robin van Persie sempat secara tak langsung membantu mantan timnya, Arsenal, unggul lebih dulu atas Manchester United (MU) pada laga Premier League di Stadion Emirates, Minggu (28/4/2013). Namun, ia juga yang membayar kesalahan dengan mencetak gol dan memaksa Arsenal sementara bermain imbang 1-1 di babak pertama.

Tampil di kandang sendiri, Arsenal tak ingin mengecewakan publiknya. Apalagi, mereka sangat berambisi tampil di Liga Champions musim depan tanpa melewati babak kualifikasi. Maka, kemenangan harus diraih, meski yang dilawan sang juara Premier league 2012-13.

Seperti diduga sebelumnya, Van Persie mendapat cemoohan dari pendukung Arsenal. Mereka masih kecewa terhadap keputusan pemain asal Belanda itu menyeberang ke MU pada awal musim.

Saat memegang bola, dia semakin dicemooh suporter. Entah terpengaruh atau tidak, dia menjadi salah melakukan umpan dan direbut pemain Arsenal. Ternyata, ini menjadi awal petaka buat Setan Merah.

Bola yang kemudian dikuasai Lukas Podolski langsung dberikan kepada Romas Rosicky. Tak membuang waktu, Rosicky langdung memberikan bola kepada Theo Walcott. Lolos dari jebakan offside, Walcott pun tinggal berhadapan dengan kiper David De Gea dan dengan mudah membobol gawangnya pada menit ke-2.

MU mencoba bangkit, tapi justru Arsenal yang terus menguasai permainan. Bahkan, beberapa kali Arsenal membuat peluang, meski belum bisa menambah gol.

Pada menit ke-28, Van Persie kembali dicemooh suporter tuan rumah. Ia melakukan aksi berbahaya ketika mencoba merebut bola dari Per Mertesacker. Ia pun diganjar kartu kuning oleh wasit.

Pada menit ke-31, Arsenal kembali mendapat peluang. Menyisir sisi kanan pertahanan MU, Podolski lepas dari kawalan. Ia pun melepaskan tendangan keras. Beruntung, De Gea masih mampu menepis bola.

Peluang terbaik MU didapatkan Van Persie pada menit ke-38. Mendapat umpan silang dari Nani, Van Persie bebas menyundul bola ke arah gawang Arsenal. Namun, bola masih membentur wajah kiper Arsenal, Wojciech Szczesny.

Dua menit kemudian, giliran phil Jones yang mendapat peluang saat menyambut umpan silang. Namun, Bacary Sagna berhasil lebih dulu membuang bola.

Pada menit ke-42, Sagna melakukan blunder. Dia salah melakukan umpan dan direbut Van Persie yang segera membawa bola masuk ke kotak penalti. Sagna mencoba menakel Van Persie tapi justru menjadi pelanggaran dan berbuah hukuman penalti kepada Arsenal. Van Persie yang menjadi eksekutor, dengan mudah membobol gawang Arsenal dan memaksa mantan klubnya bermain imbang 1-1 sampai babak pertama usai.

Susunan pemain
Arsenal:
1-Wojciech Szczesny, 3-Bacary Sagna, 4-Per Mertesacker, 6-Laurent Koscielny, 28-Kieran Gibbs, 7-Tomas Rosicky, 8-Mikel Arteta, 14-Theo Walcott, 16-Aaron Ramsey, 19-Santi Cazorla, 9-Lukas Podolski

MU: 1-David De Gea, 2-Rafael, 3-Patrice Evra, 5-Rio Ferdinand, 6-Jonathan Evans, 4-Phil Jones, 10-Wayne Rooney, 16-Michael Carrick, 7-Antonio Valencia, 17-Nani, 20-Robin van Persie

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com