City Dikalahkan Spurs, MU di Ambang Juara

Kompas.com - 21/04/2013, 21:27 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sempat unggul atas Tottenham Hotspur pada babak pertama di Stadion White Hart Lane, London, Minggu (21/4/2013), Manchester City harus puas pulang dengan tangan hampa. The Citizens gagal meredam kebangkitan Tottenham dan akhirnya menyerah 1-3.

Kekalahan ini membuat peluang City mempertahankan gelar Premier League semakin sulit. City kini tertinggal 13 poin dari Manchester United. Dengan sisa lima laga untuk kedua tim, jika MU menang atas Aston Villa pada Senin (22/4/2013), maka MU dipastikan menjadi juara Premier League.

Kedua tim tampil dengan mayoritas pemain terbaik. Tottenham kembali bisa menggunakan jasa Gareth Bale yang sudah pulih dari cedera. Sementara City memainkan Edin Dzeko sebagai tombak murni dengan bantuan Carlos Tevez.

Akan tetapi, publik White Hart Lane langsung tertunduk lesu ketika pertandingan berjalan lima menit. Adalah Nasri yang mencetak gol untuk membungkam tuan rumah dengan cepat.

Berawal dari aksi individu Tevez di sisi kanan, pemain asal Argentina itu kemudian mengirim umpan manis kepada James Milner. Milner lantas melihat Nasri berada dalam posisi bebas dan langsung memberikan umpan silang. Tanpa ragu, Nasri melepaskan tembakan yang mengecoh Hugo Lloris dan bek Kyle Walker.

Nasri kembali nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-28. Umpan terobosan Tevez mengarah tepat ke Nasri yang tinggal berhadapan dengan Lloris. Namun, sepakan Nasri masih menyamping tipis dari sasaran. Hingga babak pertama usai, Tottenham gagal memberikan ancaman berarti. Skor 1-0 untuk City bertahan pada babak pertama.

Tampil buruk pada babak pertama, Tottenham bangkit seusai turun minum. Tak tanggung-tanggung, tiga gol berhasil dihasilkan pasukan arahan Andre Villas-Boas ke gawang Joe Hart.

Awal mula kebangkitan Tottenham terletak pada strategi pergantian pemain yang dilakukan Villas-Boas. Melihat Scott Parker dan Gylfi Sigurdsson tampil melempem, Villas-Boas memainkan Tom Huddlestone dan Lewis Holtby.

Kehadiran dua gelandang muda ini memberikan suntikan kekuatan baru bagi The Lilywhites. Hasilnya mulai terbukti pada menit ke-75 saat Tottenham berhasil menyamakan kedudukan melalui Clint Dempsey.

Berawal dari kerja sama Kyle Walker dan Gareth Bale, nama terakhir mengirimkan umpan silang kaki kiri yang disambut Dempsey dengan tenang. Hart tak mampu berbuat apa-apa melihat gawangnya kebobolan.

Lima menit berselang, publik White Hart Lane kembali bergemuruh. Pemain pengganti yang baru masuk pada menit ke-71 menggantikan Emmanuel Adebayor, Jermain Defoe, menggetarkan jala City untuk kedua kalinya. Sepakan keras Defoe menghunjam deras pojok kiri gawang Hart.

Petaka City belum berakhir. Pada menit ke-82, giliran Bale yang menjadi luka bagi klub arahan Roberto Mancini. Umpan terobosan cantik Huddlestone membuat Bale bebas berada di depan gawang City. Tanpa kesulitan, pemain asal Wales itu menipu Hart untuk membuat Tottenham menjauh menjadi 3-1. Skor tersebut berakhir hingga laga usai.

Susunan Pemain
Tottenham:
25-Hugo Lloris; 28-Kyle Walker, 20-Michael Dawson, 5-Jan Vertonghen, 32-Benoit Assou-Ekotto; 8-Scott Parker (6-Tom Huddlestone 61), 19-Moussa Dembele; 2-Clint Dempsey, 22-Gylfi Sigurdsson (23-Lewsi Holtby 61), 11-Gareth Bale; 10-Emmanuel Adebayor
Manajer: Andre Villas-Boas

Man City: 1-Joe Hart; 5-Pablo Zabaleta, 4-Vincent Kompany, 33-Matija Nastasic, 22-Gael Clichy (6-Joleon Lescott 90+1); 42-Yaya Toure, 18-Gareth Barry; 7-James Milner (13-Aleksandar Kolarov 46), 32-Carlos Tevez, 8-Samir Nasri; 10-Edin Dzeko (11-Scott Sinclair 83)
Manajer: Roberto Mancini

Wasit: Lee Mason

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDaniel Sasongko
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X