Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GRUP B: BELANDA

Kompas.com - 06/06/2012, 02:31 WIB

ANALISIS 
FORMASI

Formasi 4-2-3-1 menjadi pilihan pelatih Bert van Marwijk untuk memaksimalkan segudang pemain dengan kemampuan individu spektakuler. Formasi ini memasang garis pertahanan mulai dari lapangan tengah. Mark van Bommel dan Kevin Strootman akan menjadi andalan di belakang barisan serang yang mengandalkan Arjen Robben dan Wesley Sneijder. Formasi ini berjalan efektif saat Piala Dunia 2010 dan semakin efisien menjelang Piala Eropa 2012 seiring ketajaman bomber Robin van Persie dan Klaas-Jan Huntelaar.

BERT VAN MARWIJK
 PELATIH

Bert van Marwijk pelatih paling pragmatis di Piala Eropa 2012. Ia berani mengubah gaya permainan atraktif Belanda dan mementingkan hasil. Dua gelandang bertahan yang disiplin dan tidak pernah meninggalkan posisinya menjadi karakter formasi 4-2-3-1 yang diterapkanya.

Mantan pemain sayap ini membawa Belanda dengan catatan yang mengesankan selama kualifikasi Piala Eropa 2012, mencetak 37 gol dalam 10 pertandingan. Dua penyerang andalan mereka, Klaas-Jan Huntelaar menyumbang 12 gol dan Robin van Persie enam gol. Produktivitas Huntelaar menunjukkan ada modifikasi pola permainan yang bisa mengakomodasi gaya mesin gol klub Schalke 04 itu. Sejak dipegang oleh Van Marwijk setelah Piala Eropa 2008, Belanda hanya kalah empat kali dalam 45 kali pertandingan resmi.

Kekuatan Van Marwijk membangun tim juga dipengaruhi oleh kemampuannya menjadi pendengar yang baik bagi para pemain. Ia menggali keinginan pemain sekaligus tegas menegakkan aturannya di strategi permainan.

MAARTEN STEKELENBURG 
Penjaga Gawang 

Kiper berusia 29 tahun ini menjadi pilihan utama setelah Edwin van der Sar pensiun. Kiper jangkung, 197 cm, ini cemerlang di Piala Dunia 2010. Ia menggagalkan tendangan Kaka saat Belanda mengalahkan Brasil di perempat final. Kiper AS Roma ini hanya kebobolan enam gol di Afrika Selatan.

KLAAS-JAN HUNTELAAR
Penyerang

Penyerang Schalke 04 ini sudah mendapat kepercayaan Pelatih Bert van Marwijk saat masuk skuad Piala Dunia 2010. Padahal, Huntelaar nyaris tidak pernah bermain di AC Milan. Van Marwijk jeli melihat potensi Huntelaar yang menjadi pencetak gol terbanyak di Bundesliga dengan 29 gol musim 2011/2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com