Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abramovich, Chelsea, dan Hidup Serba Gemerlap

Kompas.com - 31/05/2012, 17:56 WIB

KOMPAS.com — Siapa publik sepak bola Inggris, bahkan juga dunia, yang tak mengenal Roman Abramovich? Taipan asal Rusia ini sudah menjadi sosok penuh tanda tanya sejak membeli Chelsea pada tahun 2003. Dia rela menggelontorkan uang ratusan juta poundsterling untuk klub raksasa Inggris itu demi keuntungan komersial yang ditawarkan oleh dunia si kulit bulat.

Situs berita Business Insider, 24 Mei lalu, mencatat kekayaan Abramovich mencapai 12,1 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 115,53 triliun. Menurut Forbes, jumlah kekayaan itu menempatkannya menjadi orang terkaya ke-68 di dunia.

Abramovich merupakan pemilik perusahaan investasi swasta, Millhouse LLC, dan kekayaannya makin melimpah setelah Chelsea berhasil menjadi juara Liga Champions musim ini.

Pria yang baru berusia 45 tahun ini sudah menjadi yatim piatu sejak anak-anak. Tak ada keistimewaan yang tampak pada dirinya sejak kecil. Dia pergi ke sekolah umum biasa dan memiliki kemampuan rata-rata seperti siswa pada umumnya. Kenangan kesederhanaan masa kecilnya tecermin dalam caranya berpakaian di depan publik yang kerap dijumpai hanya dengan kemeja biru muda.

Namun, kini menjadi salah satu tokoh perekonomian dunia yang patut diperhitungkan. Berikut adalah sedikit catatan kehidupan glamor Abramovich:

1. Tentu saja, yang paling hangat, adalah hubungan Abramovich dengan Chelsea. Klub yang bermarkas di Stamford Bridge, London Barat, ini menjadi tim yang sekarang diperhitungkan di dunia setelah berhasil meraih gelar Liga Champions musim ini.

2. Pria kelahiran Saratov, Rusia, ini tengah memperebutkan dana senilai 6,5 miliar dollar AS di pengadilan dengan mantan rekannya yang kini berubah menjadi musuh, Boris Berezovsky. Perseteruan bermula dari status keduanya sebagai pemegang saham utama sebuah perusahaan minyak.

3. Abramovich memiliki 40 pengawal yang harus digajinya hingga 2 juta dollar AS per tahun.

4. Abramovich pernah menjadi Gubernur Chukotka, salah satu distrik otonom di Rusia, dari tahun 2003-2008 dan memakai dana pribadinya untuk distrik itu sebesar 1,3 juta miliar dollar AS.

5. Setelah memutuskan bercerai dengan istrinya, Irina, Abramovich harus merogoh kantongnya hingga 300 juta dollar AS sebagai kompensasi. Ini menjadi biaya cerai termahal sepanjang waktu. Kini dia menjalin hubungan dengan kekasihnya, Dasha Zhukova, seorang model, desainer, dan editor majalah. Dari hubungan ini, mereka memiliki seorang anak laki-laki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com