Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pemain Naturalisasi Jadi WNI

Kompas.com - 11/10/2011, 04:13 WIB

Jakarta, Kompas - Sebanyak lima pemain naturalisasi, Senin (10/10), resmi menjadi warga negara Indonesia. Mereka adalah Greg Nwokolo (asal Nigeria), Victor Chukwuekezie Igbonefo (Nigeria), Stefano Jantje Lilipaly (Belanda), Jhonny Rudolf van Beukering (Belanda), dan Tonnie Harry Cusell (Belanda).

Mereka disumpah dan dilantik sebagai WNI di Kantor Wilayah DKI Jakarta. Pengambilan sumpah dan pelantikan terhadap Nwokolo, Igbonefo, Lilipaly, Van Beukering, dan Cusell berlangsung setelah mereka menerima Surat Keputusan Presiden Nomor 3/PWI/2011 tentang Pengabulan Permohonan Pemberian Kewarganegaraan.

Di dalam petikan surat keputusan itu terdapat satu nama lain yang juga dikabulkan menjadi WNI, yaitu Serginho van Dijk. Namun, kemarin Van Dijk tidak hadir. Soal ketidakhadiran itu, petugas pendamping Gery Yesayas menyatakan, Van Dijk akan dilantik setelah ia berada di Indonesia, pekan depan.

Rangkaian upacara, antara lain, diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan ”Indonesia Raya”, pembacaan SK Presiden, pengambilan sumpah pemain, penandatanganan berita acara pengambilan sumpah, serta sambutan pejabat Kementerian Hukum dan HAM Kanwil DKI Jakarta.

Seusai upacara, Nwokolo dan empat pemain naturalisasi itu menyatakan bahagia dan senang menjadi WNI. Nwokolo menambahkan, dirinya akan memberikan upaya terbaik untuk Indonesia dan ikut berupaya memajukan sepak bola Indonesia. ”Kalaupun tidak bisa main di tim nasional, saya akan main di klub, tidak hanya di (klub) Indonesia, tetapi juga di (klub) internasional sebagai orang Indonesia,” kata Nwokolo, yang tujuh tahun terakhir ini tinggal di Indonesia.

Adapun Van Beukering, yang pernah memperkuat Feyenoord Rotterdam, mengaku senang karena dapat mewujudkan sebagian keinginan almarhum kakeknya, yang punya keterikatan khusus dengan Indonesia. ”Kakek pernah bermimpi, saya menjadi orang Indonesia dan dapat bermain sepak bola untuk Indonesia di PSSI,” ujar Van Beukering.

Dalam sambutannya seusai pengambilan sumpah, Pelaksana Harian Kepala Kementerian Hukum dan HAM Kanwil DKI Jakarta Trisasi Dwi Handahyny mengatakan, pengambilan sumpah dan pelantikan menyempurnakan proses kelima pemain itu menjadi WNI. (COK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com