Lawan Guam, Timnas U-16 Diminta Fokus

Kompas.com - 16/09/2011, 14:29 WIB
EditorCaroline Damanik

BANGKOK, KOMPAS.com — Tim Nasional Indonesia U-16 akan melawan Guam dalam pertandingan ketiganya dalam laga awal Grup G Pra-Piala Asia U-16 2012 di Yamaha Stadium, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/9/2011). Meski Guam kerap menjadi bulan-bulanan lawan di dua pertandingan sebelumnya, Pelatih Timnas Indra Syafri mengatakan, timnya tetap harus menjaga konsentrasi dan fokus sepanjang pertandingan nantinya meski mereka mengetahui Guam selalu kalah dalam dua laga awal.

"Guam tetap kami anggap sebagai lawan yang kuat dan perlu diwaspadai. Jadi, anak-anak tetap harus konsentrasi penuh," ujarnya, seperti dikutip dalam situs resmi PSSI.

Timnas U-16 Indonesia menuai sukses dalam dua pertandingan awal. Indonesia menang 4-2 atas Myanmar dan 2-0 atas Hongkong. Sementara itu, Guam selalu kalah. Saat melawan Hongkong, Guam kalah 1-4. Sementara saat melawan tuan rumah Thailand, Guam kalah telak 0-11.

Indra mengatakan, Timnas memiliki waktu setidaknya dua hari sebelum berhadapan dengan Guam. Menurutnya, waktu ini cukup bagi Timnas untuk memantapkan strategi dan melatih konsentrasi pemain.

"Kita juga menyiapkan lini belakang agar selalu sigap menghadapi serangan balik lawan. Kondisi seperti ketika melawan Hongkong yang banyak melancarkan serangan balik bisa saja terulang lawan Guam," tambahnya.

Indra melanjutkan, jika skenario ini berjalan baik dan Indonesia mampu mencetak banyak gol, dia akan meminta timnya untuk tidak memforsir stamina mereka dalam pertandingan tersebut. Pasalnya, Indonesia akan menghadapi tim kuat Thailand dua hari kemudian di Rajamangala Stadium.

Setelah pertandingan melawan Guam, Timnas masih harus melakoni tiga pertandingan lagi untuk dapat merebut satu tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2012, di antaranya melawan Thailand dan Australia.

"Lawan Thailand dan Australia pun kita optimis bisa menang. Kedua tim tersebut memang selama ini berada di atas Indonesia. Namun, kami ingin menunjukkan kepada rakyat Indonesia bahwa Indonesia saat ini siap mengalahkan mereka," tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X