"Barca Kolektif, Argentina Bergantung Messi"

Kompas.com - 24/07/2011, 06:48 WIB
EditorAloysius Gonsaga

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Mantan Pelatih Argentina Alfio Basile menilai, penyebab Lionel Messi gagal bersinar bersama negaranya adalah karena tim "Tango" terlalu bergantung pada sosok Messi. Adapun di Barcelona, para penggawa "Azulgrana" mengandalkan kolektivitas tim.

"Mereka merasa nyaman (di Barcelona) karena tim tidak bermain untuk Messi. Mereka bermain sebagai sebuah tim, bermain untuk Barcelona. Mereka bermain melalui Xavi, Sergio Busquets, dan kemudian juga ada Dani Alves," kata Basile.

"Namun, bagi Argentina, hal pertama yang setiap pemain lakukan adalah memberikan bola kepada Messi dan berharap ia akan menciptakan sesuatu," kata Basile.

Prestasi Messi di level klub dan timnas berbanding terbalik tahun ini. Bersama Barca, Messi tampil gemilang dengan menjadi pencetak gol terbanyak klubnya di Liga Champions dan Liga BBVA. Ia juga mengantar Barca juara di kedua ajang itu.

Namun, ketika membela Argentina di Copa Amerika, penampilan Messi dinilai di bawah standar. Ia gagal mencetak sebiji gol pun dan "Albiceleste" tersingkir di babak perempat final. (GL)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X