Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pep: Prestasi Barcelona Bukan karena Saya

Kompas.com - 11/06/2011, 23:32 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Pelatih Barcelona, Pep Guardiola, membantah bahwa prestasi Lionel Messi dkk dalam dua musim terakhir berkat kepiawaiannya dalam meracik strategi. Ia menilai, prestasi ini justru berkat penampilan ciamik anak asuhnya dalam menerapkan taktik yang ia racik.

"Tim ini bisa melakukan hal yang sama dengan pelatih lain. Saya tak bisa melakukannya tanpa bantuan para pemain, yang bermain sangat luar biasa," kata Guardiola kepada Sport.

Selama tiga tahun di bawah asuhannya, Guardiola berhasil meraih tiga gelar Liga BBVA dan dua Liga Champions. Prestasi yang tak diraih "Blaugrana" ketika ditangani oleh Frank Rijkaard, Radomir Antic, Carles Rexach, Bobby Robson, Louis van Gaal, Llorenc Serra Ferrer, dan Antonio de la Cruz (pelatih sebelum Guardiola). Jadi, wajar jika banyak yang berpendapat bahwa keberhasilan Barcelona tak lepas dari tangan dinginnya.

"Saya tidak melakukan sesuatu yang berbeda dengan apa yang pelatih sepak bola lainnya lakukan, baik di Divisi Utama, Divisi Dua, maupun yang lebih rendah," jelas Guardiola.

"Saya tidak menganggap diri saya lebih baik dari orang lain. Saya hanya melakukan pekerjaan saya dengan kemampuan terbaik (yang saya bisa) tanpa kehilangan pandangan dari mana asal saya, bersikap jujur dengan para pemain, (mencoba) tidak menyesatkan siapa pun, dan menyampaikan ide sepak bola saya," ia mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com