Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saling Serang, "El Clasico" Masih 0-0

Kompas.com - 17/04/2011, 03:41 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Saling serang terjadi antara Real Madrid dan Barcelona pada partai derbi "El Clasico", Sabtu atau Minggu (17/4/2011) dini hari WIB. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor masih imbang 0-0.

Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, secara mengejutkan menurunkan formasi yang berbeda dari biasanya. Madrid bermain menggunakan pola 4-3-3 dengan mendorong Pepe ke lini tengah untuk mendampingi Xabi Alonso dan Sami Khedira. Perubahan ini terpaksa mengorbankan Mesut Oezil yang digeser ke bangku cadangan.

Begitu peluit dibunyikan, tempo langsung cepat dan panas. Barca, yang biasanya andal mendikte pertandingan, kesulitan untuk mengembangkan permainan. Setiap kali menguasai bola, para pemain Barca langsung dikepung oleh Ricardo Carvalho dan kawan-kawan.

Madrid lebih dulu memberikan gebrakan. Melalui sebuah tendangan bebas, Cristiano Ronaldo mengirim tembakan keras pada menit ke-10. Apa daya, bola tepat mengarah ke pelukan Victor Valdes.

Di atas menit ke-15, dominasi Barca baru mulai terlihat. Bahkan, persentase penguasaan bola sampai 75-25. Hal ini tak lepas dari sosok Lionel Messi yang mau turun membantu kerja lini tengah timnya. Messi juga yang pertama kali memberikan ancaman ke gawang Madrid.

Ia berhasil lolos perangkap offside dengan mengejar umpan Andres Iniesta. Messi kemudian coba menipu Iker Casillas dengan men-chip bola. Sial bagi Messi, Casillas tak tertipu dan mampu menjinakkan bola tembakannya.

Sempat terjadi insiden "panas" pada menit ke-25. Para pemain Barca melakukan protes keras karena David Villa diganjal Casillas di kotak terlarang. Namun, wasit tak setuju dengan pandangan tersebut. Wasit juga memberikan kartu kuning kepada Gerard Pique karena melakukan protes yang berlebihan.

Sesudah insiden ini, Madrid mulai menemukan bentuk permainannya. Ronaldo dan Angel Di Maria yang bermain di kedua sayap terus melakukan penetrasi. Namun, semuanya mentah karena Barca bertahan dengan disiplin.

Sedikit frustrasi, bek Madrid, Marcelo, kemudian coba melakukan manuver dengan melepas tembakan spekulasi dari jauh. Akan tetapi, bola dapat dengan mudah dijinakkan Valdes.

Barca tak tinggal diam. Dua menit sebelum babak pertama berakhir, Messi menggeber Barca dengan tembakan maut. Namun, lagi-lagi Casillas berada di posisi yang tepat untuk menggagalkannya.

Pada menit terakhir, Madrid nyaris membobol gawang Barca. Bola tendangan penjuru Di Maria sukses ditanduk Khedira ke tengah dan disambut Sergio Ramos dengan sundulan pula. Bola mengarah ke gawang, jauh dari Valdes. Namun, Daniel Alves mampu menghalau bola dengan sundulan. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Susunan pemain:
Real Madrid:
Iker Casillas; Ricardo Carvalho, Raúl Albiol, Marcelo, Sergio Ramos; Pepe, Xabi Alonso, Sami Khedira; Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Ángel Di María

Barcelona:
Victor Valdés; Gerard Piqué, Carles Puyol, Adriano, Dani Alves; Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Xavi; David Villa, Lionel Messi, Pedro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com