Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung Loew, Ballack Yakin Jadi Kapten

Kompas.com - 12/08/2010, 21:39 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Michael Ballack mengaku telah mendapat dukungan dari Pelatih Joachim Loew untuk memangku jabatan sebagai kapten tim nasional Jerman. Meski belum bisa tampil bersama timnas, Ballack tetap yakin ban kapten akan diserahkan kembali kepadanya.

Sejak terpilih sebagai kapten pada 2004, Ballack telah menjadi kapten "Die Mannschaft" sebanyak 55 kali dari 98 penampilan internasionalnya. Jabatan itu semestinya masih ia pegang pada Piala Dunia 2010. Namun, karena mengalami cedera sebelum turnamen, ia harus merelakan tugas besar itu kepada Philipp Lahm.

Lahm terbukti mampu memimpin rekan-rekannya selama di Afrika Selatan hingga Jerman meraih tempat ketiga di ajang tersebut. Setelah pulang dari Afsel, Lahm mengaku masih ingin menjabat sebagai kapten. Namun, Ballack menegaskan bahwa dia akan kembali memimpin "Der Panzer" begitu kondisinya pulih.

"Ketika pertanyaan soal kapten mengemuka selama turnamen (Piala Dunia), aku menunggu hingga akhir turnamen untuk dipanggil 'Jogi' Loew," kata Ballack kepada kantor berita Jerman, SID.

"Dan, pelatih kemudian menjamin bahwa aku tidak perlu memikirkan hal lain dan aku semestinya tetap tenang," ungkapnya.

Loew sendiri telah menegaskan bahwa peran Ballack sangat penting bagi skuadnya. Segera setelah sembuh, Ballack akan diikutkan dalam kualifikasi Piala Eropa 2012 yang akan dimulai bulan depan.

Ballack kini mulai kembali berlatih bersama klub barunya, Bayer Leverkusen. Meski demikian, ia dan Lahm tetap tak diikutkan dalam duel uji coba lawan Denmark, Rabu (11/8/2010).

Sebelum laga tersebut, Loew menegaskan akan menyelesaikan masalah ini dengan mengadakan "pembicaraan serius" dengan kedua pemain tersebut. Ia berharap masalah ini sudah selesai sebelum melawan Belgia di Brussels pada 3 September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com