Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Kalla: Polisi Harus Tegas

Kompas.com - 30/07/2010, 20:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri kembali didesak berani bersikap tegas menangkap para pelaku kriminal perusakan dan penyerangan dengan dalih apa pun termasuk pertentangan paham keagamaan. Hal itu disampaikan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat (30/7/2010), usai berbicara dalam diskusi terbatas resolusi dan mediasi konflik, yang digelar Komisi Uni Eropa dan ASEAN.

Hal itu disampaikan Kalla menanggapi insiden bentrokan antara massa dari organisasi massa Islam dengan jemaah Ahmadiyah, Kamis (29/7/2010) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Akan tetapi Kalla juga mengingatkan pihak Ahmadiyah untuk menghentikan aktivitas syiar ajaran mereka. Masing-masing pihak juga jangan saling memaksakan kehendak, ikuti saja kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya.

"Kalau Ahmadiyah menjalankan aktivitas secara internal ya, sah saja. Polisi juga dalam kondisi begitu harus tegas, jangan sampai terjadi kekerasan," ujar Kalla.

Menurut Kalla, sebelumnya sudah ada kesepakatan agar Ahmadiyah tidak melakukan aktivitas penyebaran paham dan ajarannya ke luar lingkungan jemaah Ahmadiyah. Kesepakatan seperti itu harus dilakukan secara ketat terutama oleh pihak Ahmadiyah sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com