Keberhasilan Sepak Bola Korea

Kompas.com - 23/06/2010, 06:27 WIB
EditorLaksono Hari W

DURBAN, KOMPAS.com - Kapten Korea Selatan Park-Ji Sung sangat bahagia timnya bisa lolos ke babak perdelapan final Piala Dunia 2010. Menurutnya, keberhasilan pertama masuk babak perdelapan final di luar mereka jadi tuan rumah pada Piala Dunia 2002.

Keberhasilan "Taeguk Warriors" itu diraih setelah menahan imbang Nigeria 2-2, Selasa (22/6/2010). Tambahan satu poin membuat Park Ji-sung dkk menemani juara grup Argentina ke perdelapan final.

"Saat ini, kami membuat sejarah untuk sepak bola Korea karena ini untuk pertama kalinya kami bisa ke putaran kedua Piala Dunia di luar negara kami. Aku sangat senang dengan keberhasilan ini dan semua pemain juga," jelas gelandang Manchestet United itu. 

"Kami bekerja sangat keras. Pertandingan hari ini sangat sulit karena tim sangat kuat dan menginginkan kemenangan. Pemain kami tampil sangat baik dan berjuang keras, Jadi, aku pikir kami pantas ke babak selanjutnya," tambah pemain yang didaulat sebagai bintang lapangan versi pembaca situs FIFA itu.

"Bagi sepak bola Korea, selama enam puluh tahun kami tidak pernah berhasil lolos ke babak selanjutnya selain ketika kami tampil sebagai tuan rumah. Keberhasilan ini berarti kami telah membuat sejarah bagi sepak bola Korea. Jadi kami sangat bangga dengan diri kami," timpal gelandang Ki Yung-Seung.

Selama perhelatan Piala Dunia, Korsel hanya sekali meraih hasil gemilang yaitu berhasil menembus semifinal pada Piala Dunia 2002 ketika mereka menjadi tuan rumah bersama Jepang. Empat tahun lalu di Jerman, Korsel tersingkir di penyisihan grup yang terdiri dari Swiss dan Perancis, dan Togo. (GL)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.