Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Bidding PD 2022 Harapkan Dukungan Pemerintah RI

Kompas.com - 31/08/2009, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim bidding Piala Dunia 2022 Indonesia mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah agar Indonesia bisa terpilih menjadi tuan rumah. Bidang Marketing tim bidding Indonesia untuk Piala Dunia 2022 Syauki Suratno mengatakan, pihaknya baru saja mengikuti workshop bagi negara-negara peserta bidding di markas Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) yang berada di kota Zurich, Swiss, 24 hingga 26 Agustus lalu.

"Kami datang mewakili federasi sepak bola Indonesia, sementara negara lain yang jumlahnya 11 negara termasuk Indonesia datang ke workshop biding piala dunia dengan restu kepala negara masing-masing," ungkapnya di Sekretariat PSSI, Senin (31/8).

Dikatakan, tidak hanya restu, negara-negara yang terdiri dari Australia, Inggris, Belgia/Belanda, Korea, Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Spanyol/Portugal, Qatar dan Meksiko, masing-masing kepala negaranya sudah melakukan kontak langsung dengan Presiden FIFA Sepp Blatter agar negaranya terpilih.

"Sementara kita berangkat dengan modal surat dari Menko Kesra RI saja dalam workshop bidding tersebut," tuturnya.

Untuk itulah, jika ingin dinyatakan serius menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Indonesia ada baiknya jika mendapat dukungan dari pemerintah Republik Indonesia.

"Karena seharusnya yang mencalonkan tuan rumah penyelenggara Piala Dunia itu harus pemerintah yang bersangkutan, bukan federasi sepak bolanya, seperti kita ini yang datang dengan modal keyakinan saja," selorohnya.

Meski datang dengan modal keyakinan dan surat dukungan dari Menko Kesra RI Aburizal Bakrie, tim bidding Indonesia yang terdiri dari Hamka Kadi (administrasi), Sjarif Bastaman (legal), Joko Driyono (manajemen pertandingan), dan Syauki Suratno (marketing), mengaku optimistis Indonesia bisa menjadi calon tuan rumah yang bisa disegani dalam bidding Piala Dunia 2022.

"Apalagi Sepp Blatter dalam pidatonya di depan peserta bidding di Zurich itu memuji Indonesia dengan mengatakan bahwa Indonesia yang kini berpenduduk sekitar 200 juta-an, saat 2022 nanti akan mendekati 300 jutaan jiwa itu, bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022," katanya.

Dengan kata lain, Indonesia sudah selangkah lebih baik dari peserta bidding tuan rumah Piala Dunia 2022. "Langkah yang baik dari tim bidding Indonesia ini akan lebih sempurna jika pemerintah Indonesia melalui Presiden SBY juga bisa mengemukakan dukungannya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com