Bundo Kanduang Sumbar Gelar Festival Makan Bajamba - Kompas.com

Bundo Kanduang Sumbar Gelar Festival Makan Bajamba

Kompas.com - 19/11/2008, 07:31 WIB

PADANG, RABU--Kaum ibu di Sumbar yang lebih dikenal dengan nama Bundo Kanduang, menggelar festival "makan bajamba", satu prosesi adat makan bersama dengan cara tertentu, di Padang, Selasa.

Acara festival makan bajamba tersebut diikuti kalangan bundo kandung berasal dari 11 kecamatan di Kota Padang dan 18 kabupaten/kota di Sumbar.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Sumbar, Asrul Syukur, ketika membuka festival makan bajamba tersebut, mengatakan tradisi asli Minangkabau itu perlu dipertahankan dan dikemas secara bagus untuk diperkenalkan pada masyarakat dan kalangan generasi muda di daerah itu. "Tradisi tersebut kini semakin lama semakin hilang karena tidak diperkenalkan, jadi kita mendukung sekali festival seperti ini," katanya.

Asrul Syukur berharap kalangan Bundo Kanduang di Sumbar, selalu eksis untuk melestarikan kegiatan adat tersebut di antaranya dengan menggelar festival dan kegiatan khusus. "Semakin banyak kegiatan adat itu dipertontonkan maka akan dikenal secara luas dan bisa menarik minat wisatawan untuk menikmati wisata budaya itu.

Festival makan bajamba tersebut, selain menampilkan beragam prosesi adat khas Minangkabau juga diikuti dengan kegiatan peluncuran buku "Pakaian Perempuan Minangkabau" dan "Pelaminan Minangkabau".

Buku produksi Bundo Kanduang Sumbar ini banyak mengulas tentang sejumlah tradisi daerah itu baik dari segi pakaian maupun pelaminan.

Dalam makan bajamba ini peserta tidak boleh makan sembarangan dan harus rapi. Lauk yang disajikan dalam makan bajamba tersebut di antaranya rendang, pangek masin, serta sambalado dan sayuran.(ANT)


Editor

Close Ads X