Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

STY Tuntaskan Misi, Timnas Indonesia Putus 20 Tahun Puasa Kemenangan di Hanoi

KOMPAS.com - Shin Tae-yong berhasil membawa timnas Indonesia memutus catatan 20 tahun tanpa kemenangan di markas Vietnam, Stadion My Dinh, Hanoi. 

Timnas Indonesia menuju partai tandang ke Vietnam pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (26/3/2024), dengan dibayangi catatan minor.

Sudah dua dekade atau 20 tahun timnas Indonesia tidak pernah menang di stadion berkapasitas 40.000 penonton tersebut. 

Kali terakhir Garuda menang atas Vietnam di My Dinh ialah pada fase Grup A Piala Tiger (Piala AFF) pada 11 Desember 2004. 

Rekor buruk itu berhasil dipatahkan oleh timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong. 

Timnas Indonesia sukses menang 3-0 atas Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024).

Kemenangan Indonesia dipastikan melalui gol Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (23'), dan Ramadhan Sananta (90+8'). 

"Ya, selama 20 tahun memang tidak pernah menang lawan Vietnam di Hanoi, seperti apa yang dibicarakan di interviu konferensi pers kemarin," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah laga Vietnam vs Indonesia, Selasa (26/3/2024).

"Memang rekor itu untuk dipecahkan. Jadi, hari ini bisa dipecahkan rekornya."

"Vietnam karena kalah di kandang Indonesia, jadi ini mungkin menjadi pertandingan yang sulit bagi mereka," ucapnya menambahkan.

Hasil ini meneruskan rangkaian kemenangan timnas Indonesia atas Vietnam. Sebelum bertamu ke Hanoi Selasa (26/3/2024) ini, Indonesia mengantongi dua kemenangan beruntun atas Vietnam di PIala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Indonesia menang 1-0 berkat gol penalti Asnawi Mangkualam pada fase grup Piala Asia 2023.

Lalu, pada perjumpaan di Stadion Gelora Bung Karno pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Kamis (21/3/2024) silam, timnas Indonesia juga sukses membekuk Vietnam 1-0.

"Kami pun bekerja keras, berusaha semaksimal mungkin semua. Akhirnya kami mendapat keberuntungan," ujar Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga mengomentari performa sang gelandang yang baru mencatat debut bersama timnas Indonesia di Stadion My Dinh, yakni Thom Haye.

Thom Haye memberikan kontribusi nyata dengan menyediakan assist untuk gol pembuka kemenangan Indonesia yang dicetak Jay Idzes.

Pemain Heerenveen itu sukses mengisi lubang yang ditinggalkan Ivar Jenner. Adapun, Ivar Jenner tak bisa ikut bertolak ke Vietnam karena mengalami sakit.

"Untuk Ivar memang belum membaik kondisinya, jadi diganti dengan Thom dan saya sangat puas dengan performa Thom," kata Shin Tae-yong.

Berkat kemenangan di kandang Vietnam, timnas Indonesia memantapkan posisi di peringkat dua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Skuad Garuda mengantongi tujuh poin dalam empat pertandingan. Timnas Indonesia terpaut lima angka dari pemuncak klasemen Irak yang mencatat torehan sempurna 12 poin dalam empat partai.

Di sisi lain, Vietnam tertahan di posisi tiga klasemen dengan torehan tiga angka. Juru kunci Grup F putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia diisi Filipina yang baru menuai sebuah poin.

https://bola.kompas.com/read/2024/03/26/23185698/sty-tuntaskan-misi-timnas-indonesia-putus-20-tahun-puasa-kemenangan-di-hanoi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke