Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bojan Hodak Soroti Usaha Pemain Persib Usai Gagal Menang: Hanya Joging

KOMPAS.com - Persib Bandung kembali gagal meraih kemenangan di kandang sendiri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kala menjamu Persis Solo, Minggu (4/2/2024), dalam pekan ke-24 Liga 1 2023-2024. 

Hasil Persib Bandung vs Persis Solo yang berkesudahan imbang 2-2 itu menjadi kegagalan keempat kalinya secara beruntun.

Sebelumnya, Persib sempat ditahan imbang Arema FC (2-2) dan PSM Makassar (0-0). Lalu dikalahkan Persik Kediri (0-2) dan terkini melawan Persis harus puas dengan skor sama kuat (2-2). 

Persib terakhir kali menang di kandang adalah pada 28 Oktober 2023 ketika mengalahkan PSS Sleman dengan skor telak 4-1. 

Bojan Hodak selalu punya pandangan positif dan negatif dari setiap hasil pertandingan. Hal positifnya Persib sudah kembali tajam, mampu mengonversi beberapa peluang menjadi gol. 

Diketahui Maung Bandung sebelumnya sempat paceklik gol dalam tiga laga. Namun, hal itu sudah mulai teratasi. 

Gol Stefano Beltrame dan Ciro Alves sempat membawa Persib unggul 2-0 dari Persis. 

"Anda harus melihat hal positif dan negatif. Hal positifnya adalah kami menciptakan banyak peluang. Secara penyerangan, kami jauh lebih baik dari tiga pertandingan sebelumnya," kata Hodak. 

Hodak juga memandang lini pertahanan timnya tidak buruk-buruk amat meski tampil tanpa bek asing asal Belanda, Nick Kuipers. 

Kakang Rudianto sebagai pengganti bisa menjalankan tugasnya dengan baik, menjadi duet yang serasi dengan Alberto Rodriguez. 

"Dari sisi pertahanan, kami tidak bermain buruk hingga menit 70. Kami bermain tanpa Nick dan Kakang juga melakukan tugasnya dengan baik, menjadi pasangan bagus untuk Alberto," ucap Hodak. 

Namun, kebobolan dua gol melawan Persis tidak bisa ditoleransi. Hodak hampir tak percaya timnya kembali menelan hasil imbang. 

Entah mengapa di 20 menit akhir situasinya berubah. Hodak menyoroti usaha yang tidak begitu keras dari pemainnya dalam upaya menghentikan serangan balik lawan. 

Ada momen saat Persib kehilangan bola dalam situasi sepak pojok, terjadi serangan balik, dan tim hanya menyisakan dua pemain Dedi Kusnandar dan kiper Kevin Ray Mendoza di pertahanan. 

Beberapa pemain hanya melakukan joging saat Dedi ditinggal sendirian di jantung pertahanan, Alexis Messidoro akhirnya bisa membobol gawang Persib. 

"Namun, jika melihat gol yang pertama, ini bicara mengenai usaha, tidak ada hal lainnya selain usaha," ujar Hodak. 

"Di momen sepak pojok, kami ketika kehilangan bola, mereka berlari cepat dari serangan balik hingga lima pemain dan kami hanya meninggalkan dua pemain di belakang. Sisanya hanya joging," sesalnya.

Gol yang memberikan momentum bagi Laskar Sambernyawa untuk menyamakan skor dan itu terjadi. Bojan Hodak sangat menyesalkan kondisi itu. 

"Jadi tidak ada usahanya, ini bukan soal kesalahan taktik. Ada hal bagus dari pertandingan, tetapi ada hal buruknya juga," ujarnya.

"Hal bagusnya di tiga pertandingan terakhir kami tidak mencetak gol dan bisa mencetak gol, ini sangat positif. Pertahanan seperti saya katakan kami 70 menit bermain bagus, tetapi setelah itu ada dua sampai tiga kesalahan dilakukan," katanya. 

https://bola.kompas.com/read/2024/02/05/21000008/bojan-hodak-soroti-usaha-pemain-persib-usai-gagal-menang--hanya-joging

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke