Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelatih Australia Graham Arnold: Kredit ke Perjuangan Indonesia!

KOMPAS.com - Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, memberikan pujian terhadap para pemain Timnas Indonesia setelah merepotkan anak asuhnya dalam duel babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia terpaksa menyudahi petualangan di Piala Asia 2023 setelah menderita kekalahan 0-4 lawan Australia pada laga di Stadion Jassim bin Hamad tersebut.

Pasukan Shin Tae-yong sebenarnya bisa mengimbangi permainan keseluruhan Australia. Akan tetapi, negeri Kanguru mencetak gol pada momen-momen krusial pertandingan.

Dua gol pertama Australia dari bunuh diri Elkan Baggott (12') dan Martin Boyle (45') tiba di saat Garuda bermain impesif dan mengimbangi lawan mereka di peringkat ke-25 dunia tersebut.

Dua gol sisa datang dari Carig Goodwin (89') dan Harry Soutar (90+1) tiba di saat Marselino Ferdinan cs telah lelah dan tengah mengejar laga.

Seusai laga, pelatih Arnold mengutrarakan kesulitan yang dihadapi timnya.

"Pujian untuk Indonesia, saya pikir mereka tampil tangguh. Secara fisik, mereka sangat besar dan kuat. Tadi adalah pertandingan sulit. Kualitas yang kami miliki di lini depan terlihat hari ini," kata Arnold kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters.

"Sepak bola Asia berkembang dengan pesat. Kami sudah menduganya, itulah yang kami katakan kepada para pemain, 'Bersiaplah untuk bertarung. Bersiaplah untuk adu fisik'. Karena itulah yang akan dibawa oleh Indonesia."

Ketajaman Australia terlihat dari kemampuan mereka untuk mencetak empat gol ke gawang Indonesia hanya dari empat usaha tepat sasaran.

Bahkan, Jackson Irvine dkk unggul 2-0 ketika tengah babak dari hanya satu tembakan tepat sasaran selama 45 menit pertama pertandingan.

Timnas Australia kini akan menghadapi pemenang laga Arab Saudi versus Korea Selatan.

https://bola.kompas.com/read/2024/01/28/23020568/pelatih-australia-graham-arnold-kredit-ke-perjuangan-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke