Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Privat Mbarga Dinaturalisasi Kamboja, Pelatih Bali United Beri Penilaian

Ia yakin pemain bernama lengkap Jean Marie Privat Befolo Mbarga menjadi aset yang berharga bagi timnas Kamboja.

Pemain kelahiran Kamerun 7 Januari 1992 tersebut memang punya nama besar di Liga Kamboja. Ia bisa dibilang merupakan salah satu pemain yang berpengaruh di sepak bola Kamboja.

"Saya pikir ini (naturalisasi Privat Mbarga) bagus buat timnas Kamboja, mereka jadi lebih kuat," kata Stefano Cugurra.

Privat Mbarga memulai kariernya di Liga Kamboja pada tahun 2013 dengan bergabung dengan Boeung Ket Rubber Field. Setelah itu, ia berpetualang bersama Phnom Penh, Cambodian Tiger, dan Nagaworld FC.

Pada tahun 2017 ia sempat bergabung dengan tim Samut Prakan yang tampil di Thai League. Namun, pada akhir musim klubnya itu terdegradasi, sehingga ia pun kembali ke Liga Kamboja guna memperkuat Asia Euro United.

Tim Kamboja terakhir yang dibela Privat Mbarga adalah Svay Rieng pada musim 2019-2021, sebelum akhirnya bergabung dengan Bali United pada 2021.

Selama delapan tahun di Kamboja, pemain 31 tahun tersebut merasakan satu gelar juara Liga Kamboja pada musim 2019 bersama Svay Rieng. Ia juga menyabet gelar top skor dan pemain terbaik.

Ketajamannya terjaga pada musim 2020, sehingga mampu kembali menyabet gelar top skor.

"Privat sudah main lama di Liga Kamboja. Berapa kali juga dia terpilih sebagai pemain terbaik di Liga Kamboja. Sudah juga top skor liga Kamboja," kata Teco mengungkapkan keistimewaan pemainnya.

Sementara Privat Mbarga mengaku bahagia dan merasa terhormat bisa dinaturalisasi oleh Kamboja.

“Terima kasih Tuhan atas berkatmu. Terima kasih Kamboja untuk membuat ini menjadi kenyataan. Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung saya,” ujarnya.

Mbarga langsung bertugas di timnas Kamboja yang akan menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Pakistan pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Pada pertandingan pertama kontra Pakistan di Cambodia Olympic Stadium, nama Mbarga belum muncul dalam daftar susunan 11 pertama maupun pemain cadangan.

Laga pertama tersebut berakhir imbang dengan skor 0-0. Kehadirannya pada laga leg kedua di kandang Pakistan pada 17 Oktober mendatang, juga belum bisa dipastikan lantaran masih menunggu kelengkapan dokumen.

https://bola.kompas.com/read/2023/10/15/16300078/privat-mbarga-dinaturalisasi-kamboja-pelatih-bali-united-beri-penilaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke