Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kena Sanksi FIFA, Timnas U22 Indonesia Aman Main di SEA Games 2023

KOMPAS.com – FIFA tidak memberikan sanksi larangan bertanding di event internasional untuk Indonesia seusai dicopot statusnya menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

FIFA menjatuhkan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward seusai Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Kondisi tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Kamis (6/4/2023).

"Saya hanya bisa berucap, alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT, dan doa dari seluruh rakyat Indonesia, khususnya para pecinta sepak bola, Indonesia bisa terbebas dari pengucilan sepak bola dunia," kata Erick Thohir.

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi dan menjelaskan cetak biru sepak bola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI," ujarnya.

FIFA pada akhirnya tidak menjatuhkan sanksi berat seperti larangan timnas Indonesia menjalani pertandingan di event internasional.

Erick Thohir pun memastikan bahwa timnas U22 Indonesia dapat bertanding di SEA Games 2023 yang bergulir di Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

"Dengan sanksi ini, kita tidak dikasih kartu merah, tetapi kartu kuning sehingga bisa bermain dan berkompetisi di SEA Games pada akhir bulan ini," ucapnya.

Adapun cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2023 bakal berlangsung mulai 19 April sampai 17 Mesi 2023.

Timnas U22 Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Skuad berjuluk Garuda Muda itu terhindar dari Grup B yang diisi oleh tim-tim kuat seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Pelatih timnas U22 Indonesia, Indra Sjafri, mengatakan bahwa Garuda Muda telah mempersiapkan diri untuk memenuhi target medali emas di SEA Games 2023.

"Hasilnya sama-sama kita sudah diketahui, tentu terlepas dari hasil drawing yang paling penting adalah bagaimana persiapan tim dalam menghadapi SEA Games itu sendiri," kata Indra Sjafri dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kami fokus selesaikan empat pertandingan di babak penyisihan dengan baik, lalu melangkah ke semifinal, lanjut lolos final dan meraih hasil terbaik," tambah dia.

"Insya Allah dengan persiapan yang baik, timnas U22 Indonesia bisa mencapai target yang diinginkan," tambah dia.

Indra Sjafri lantas meminta dukungan kepada masyarakat Indonesia untuk anak-anak asuhnya yang bertanding di SEA Games 2023.

"Tentu mohon doa dari semua masyarakat Indonesia. Semoga apa yang kita impikan bisa tercapai, yakni medali emas," tutur dia.

https://bola.kompas.com/read/2023/04/07/07300038/kena-sanksi-fifa-timnas-u22-indonesia-aman-main-di-sea-games-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke