Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

The Best FIFA Football Awards 2022, Emiliano Martinez Kiper Terbaik Dunia

KOMPAS.com - Penjaga gawang timnas Argentina, Emiliano Martinez, didaulat sebagai kiper terbaik dunia lewat penghargaan bernama The Best FIFA Football Awards 2022.

Seremoni pemberian penghargaan The Best FIFA Football Awards 2022 digelar di Paris, Perancis, pada Selasa (28/2/2023) dini hari WIB.

Dalam seromoni tersebut, FIFA mengumumkan para pemenang di sejumlah kategori, dari kiper, pelatih, hingga permain terbaik sepanjang 2022.

Di kategori kiper putra, Emiliano Martinez terpilih menjadi yang terbaik. Dia mengalahkan dua kandidat terbaik lainnya, yakni Yassine Bounou (Maroko/Sevilla) dan Thibaut Courtois (Belgia/Real Madrid).

Emiliano Martinez menunjukkan penampilan gemilang saat berjuang di Piala Dunia 2022 Qatar bersama timnas Argentina.

Penampilan gemilang Emiliano Martinez mencapai klimaks ketika dirinya tampil pada partai puncak kontra Perancis.

Pada akhir babak extra time, kiper milik Aston Villa itu melakukan sebuah save gemilang untuk menggagalkan peluang emas penyerang Perancis, Randal Kolo Muani.

Kala itu, laga Argentina vs Perancis tengah berkedudukan 3-3.

Lalu, Kolo Muani punya peluang untuk mencetak gol yang bisa saja mengunci kemenangan Perancis atas Argentina.

Akan tetapi, sepakan Kolo Muani masih bisa dimentahkan Emi Martinez menggunakan kakinya.

Aksi brilian Emiliano Martinez tak berhenti sampai di situ.

Pada babak adu penalti, penjaga gawang berusia 30 tahun itu mamu menepis sepakan eksekutor kedua Perancis, Kingsley Coman.

Sebelumnya, Martinez juga menjadi pahlawan Argentina saat mendepak Belanda juga via adu penalti pada babak perempat final.

Adapun sepanjang turnamen di Qatar, Martinez selalu bermain pada tujuh pertandingan yang dilakoni Argentina. Dia tercatat kebobolan delapan kali dan tiga kali mencatatkan clean sheet.

Berkat penampilan apiknya itu, FIFA menganugerahkan trofi Golden Glove sebagai tanda Kiper Terbaik Piala Dunia 2022 kepada Emiliano Martinez.

Kini, Emiliano Martinez kembali mengukir prestasi dengan menjadi kiper terbaik FIFA 2022.

Trofi kiper terbaik di kategori putri diberikan kepada Mary Earps yang kini bermain untuk timnas Inggris dan Manchester United WFC.

https://bola.kompas.com/read/2023/02/28/04400048/the-best-fifa-football-awards-2022-emiliano-martinez-kiper-terbaik-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke