Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Thomas Doll Maklumi Kesalahan Pemain Persija, Hal yang Juga Terjadi Saat Liverpool Vs Real Madrid

Dalam pekan ke-26 Liga 1 2022-2023, Persija Jakarta nyaris gagal meraih kemenangan saat melawan Barito Putera.

Beruntung, gol saat injury time memastikan tim berjulukan Macan Kemayoran ini menang 2-1 dalam pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (22/2/2023).

Persija kecolongan terlebih dahulu usai Gustavo Tocantis menjebol gawang Andritany Ardhyasa pada menit ke-32.

Dua menit berselang, Persija menyamakan kedudukan. Riko Simanjuntak berhasil menjebol gawang lawan untuk membuat skor imbang 1-1.

Selepas itu, Persija kesulitan menghadapi permainan solid yang diperagakan Barito, terutama di lini tengah.

Hansamu Yama menjadi pahlawan tim ibu kota tersebut. Ia mencetak gol kemenangan pada detik-detik terakhir pertandingan.

Pelatih Persija, Thomas Doll, memberi teguran kepada para pemainnya yang kembali melakukan kesalahan individual.

“Gaya permainan kami tidak kelihatan dan harusnya Persija bisa bermain lebih baik. Karena kalau misal kami belum cetak gol jangan melakukan kesalahan individual,” ujar pelatih asal Jerman.

“Karena kalau kami ketinggalan dan kebobolan lebih dulu, kami mengeluarkan tenaga dua kali lebih banyak untuk meraih kemenangan,” imbuhnya.

Wajar bila ia memberi teguran kepada Hanif Sjahbandi dkk. Sebab, kekalahan Persija dari Bhayangkara FC pekan lalu disebabkan kesalahan individu yang dilakukan pemain.

Kala itu, Persija sempat unggul lebih dulu melalui gol Hanno Behrens pada babak pertama.

Persija justru terkena comeback pada babak kedua. Gawang mereka dua kali dijebol pemain Bhayangkara FC, Matias Mier dan Alex Martins, sehingga Persija kalah 1-2.

Hal serupa nyaris kembali terjadi saat meladeni perlawanan Barito.

“Seperti lawan Bhayangkara pekan lalu di mana kami membuat kesalahan dan mereka dapat mengkonversi menjadi gol,” ucapnya.

Namun Thomas Doll memaklumi bahwa kesalahan bisa saja dilakukan oleh pesepak bola profesional. Hal serupa juga terjadi dalam laga-laga kelas dunia.

Ia mengambil contoh laga Liverpool vs Real Madrid pada babak 16 besar Liga Champions 2022-2023 di Stadion Anfield, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB.

Kiper kenamaan asal Brasil yang menjadi andalan Liverpool, Allison Becker, membuat beberapa kesalahan. Ini membuat Real Madrid bisa comeback dan menang 5-2.

Padahal, Liverpool sempat di atas angin. Tim berjulukan The Reds tersebut unggul 2-0.

Terlepas dari kesalahan yang dilakukan pemain, Thomas Doll juga mengapresiasi kerja keras pasukannya. Mereka tampil all out hingga akhir laga dan berhasil meraih kemenangan.

Hasil positif melawan Barito Putera membuat Persija tetap bersaing di papan atas klasemen Liga 1 2022-23.

Macan Kemayoran memangkas jarak poin dengan pemuncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023, PSM Makassar. Kini kedua tim hanya berselisih tiga poin.

“Tapi saya senang pada pemain yang selalu percaya diri hingga detik terakhir karena bisa mendapatkan tiga poin,” pungkasnya.

https://bola.kompas.com/read/2023/02/23/13200098/thomas-doll-maklumi-kesalahan-pemain-persija-hal-yang-juga-terjadi-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke