Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Real Madrid Vs Barcelona: Membedah Taktik Anti-Madrid Xavi

Final Supercopa de Espana alias Piala Super Spanyol 2022-2023 mempertemukan duel Real Madrid vs Barcelona di Stadion King Fahd, Riyadh, Arab Saudi, Senin (16/1/2023) pukul 02.00 dini hari WIB.

Xavi Hernandez selaku peramu taktik Barcelona dikabarkan telah menyiapkan strategi khusus dalam partai sengit bertajuk el clasico itu.

“Plan Anti-Madrid”. Begitu media Spanyol, Diario AS, menyebut pendekatan yang akan diterapkan Xavi dalam duel Real Madrid vs Barcelona pada ajang Piala Super Spanyol.

Menurut Diario AS, Xavi disebut akan meninggalkan skema 4-3-3 yang selama ini lekat dengan Barcelona besutannya.

Demi membendung Real Madrid, Xavi bakal beralih ke pakem 4-4-2, persis ketika Barcelona menekuk Atletico Madrid 1-0 pada pekan ke-16 Liga Spanyol.

Kala itu, Xavi di atas kertas tetap menurunkan formasi 4-3-3. Namun, pada praktiknya, Barca bermain dengan empat gelandang mengingat Pedri diturunkan sebagai “pemain sayap palsu”.

Saat melawan Atletico Madrid, Pedri banyak beroperasi di lini sentral membantu kinerja Sergio Busquets, meski dalam daftar susunan starter ia mengokupasi pos sayap kiri.

Penerapan empat gelandang diharapkan Xavi bisa kembali mempermudah Barcelona mengendalikan permainan saat melawan Real Madrid.

Skema empat pemain tengah dinilai juga menjadi cara Xavi untuk menangkal transisi cepat ala Real Madrid.

Pertimbangan Xavi saat ini adalah menentukan siapa yang akan menempati pos “penyerang sayap palsu” di sisi kiri, yang nantinya bisa bertransformasi sebagai pemain tengah ekstra. Pilihannya ada dua, yakni Pedri atau Gavi.

Kekalahan 1-3 dari Real Madrid di pentas LaLiga pada Oktober 2022 silam telah memberikan pelajaran bagi Xavi untuk lebih awas terhadap serangan cepat sang rival.

Sebagai upaya mereduksi kekuatan Madrid itu, Xavi juga punya rencana terhadap Ronald Araujo.

Sang bek asal Uruguay itu bakal punya tugas khusus, yakni mengawasi gerak-gerik sayap kiri Real Madrid, Vinicius Junior.

Menurut Diario AS, Ronald Araujo akan didaulat Xavi sebagai bek kanan, melengkapi kuartet pertahanan yang diisi Andreas Christensen dan Jules Kounde sebagai palang pintu, serta Jordi Alba yang menyisir sisi kiri.

https://bola.kompas.com/read/2023/01/15/16200048/real-madrid-vs-barcelona--membedah-taktik-anti-madrid-xavi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke