Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalah dari Perancis, Maroko Kirim Protes Resmi ke FIFA soal Wasit

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Maroko (FRMF) resmi mengirim protes ke FIFA terkait kinerja wasit Cesar Arturo Ramos.

Cesar Arturo Ramos merupkan wasit utama laga semifinal Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Perancis vs Maroko pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Pertandingan yang dihelat di Al Bayt Stadium itu berakhir 2-0 untuk kemenangan timnas Perancis asuhan Didier Deschamps.

Dalam keterangan resminya, FRMF merasa dirugikan oleh dua keputusan Cesar Arturo Ramos.

FRMF tidak menjelaskan secara detail dua keputusan Cesar Arturo Ramos.

Namun, BBC Sports menilai dua keputusan Cesar Arturo Ramos berkaitan dengan insiden yang terjadi di kotak penalti timnas Perancis.

Insiden pertama terhadu pada menit ke-27 ketika peyerang Maroko, Sofiane Boufal, berebut bola dengan bek Perancis, Theo Hernandez.

Theo Hernandez kala itu tampak kehilangan keseimbangan hingga terjatuh sampai kaki kanannya menghantam Boufal yang juga hendak merebut bola.

Dalam tayangan ulang, Theo Hernandez sebenarnya berhasil menguasai bola terlebih dahulu daripada Boufal.

Namun, insiden tabrakan tidak terhindarkan karena Theo Hernandez kehilangan keseimbangan semetara Boufal sudah berlari kencang.

Terkait insiden itu, wasit Cesar Arturo Ramos tidak memberi penalti ke Maroko dan langsung menghukum Boufal dengan kartu kuning.

Insiden kedua yang dikabarkan menjadi perhatian FRMF terjadi masa injury time babak pertama ketika timnas Maroko mendapatkan tendangan bebas.

Dikutip dari BBC Sports, FRMF menilai Maroko seharusnya mendapatkan penalti karena gelandang Perancis, Aurelien Tchouameni, merangkul dan menjatuhkan Selim Amallah.

Persamaan dari dua insiden di atas adalah Cesar Arturo Ramos tidak berkomunikasi dengan wasit Video Assistant Refere (VAR).

Hal itulah yang dipermasalahkan FRMF. Berikut adalah pernyataan resmi FRMF terkait protes kinerja wasit Cesar Arturo Ramos:

Federasi Sepak Bola Maroko memprotes keras pengadil pertandingan Perancis vs Maroko yang dipimpin oleh Cesar Arturo Ramos.

Untuk tujuan itu, FRMF sudah mengirim surat ke badan kompeten terkait (FIFA) untuk meninjau keputusan wasit yang mencabut dua penalti tak terbantahkan untuk Maroko menurut pandangan beberapa spesalis wasit.

FRMF sangat karena Video Assistant Referee (VAR) tidak bereaksi terhadap dua situasi itu. FRMF tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk membela dan mempertahankan hak dengan mengajurkan keadilan terkait kinerja pengadil di lapangan.

FRMF memprotes keputusan para pengadil yang diambil selama pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Dikutip dari BBC Sports, pihak FIFA masih belum buka suara ketika ditanya soal protes dari FRMF.

Terlepas dari protes FRMF, timnas Maroko masih memiliki satu pertandingan lagi meski sudah kalah dari Perancis.

Singa Atlas, julukan Maroko, dijadwalkan menghadapi Kroasia pada laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (17/12/2022).

Apa pun hasil pertandingan tersebut, timnas Maroko sudah masuk buku sejarah sebagai tim Afrika pertama yang mampu menapak semifinal Piala Dunia.

https://bola.kompas.com/read/2022/12/16/14300048/kalah-dari-perancis-maroko-kirim-protes-resmi-ke-fifa-soal-wasit

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke