Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kimpembe Dicoret dari Skuad Perancis di Piala Dunia 2022

KOMPAS.com - Masalah cedera kembali menggerogoti tim nasional Perancis kurang dari seminggu jelang Piala Dunia 2022 di Qatar resmi dimulai.

Yang terbaru, bek Paris Saint-Germain (PSG), Presnel Kimpembe terpaksa dicoret dari skuad Perancis di Piala Dunia 2022 karena proses pemulihannya dari cedera belum mencapai 100 persen.

Keputusan ini diambil oleh Kimpembe sendiri, yang merasa dirinya belum siap untuk kembali membela Perancis dalam misi mereka mempertahankan gelar juara Piala Dunia.

"Presnel Kimpembe tidak akan berpartisipasi di Piala Dunia. Bek PSG itu merasa dirinya belum sepenuhnya pulih untuk bisa mempertahankan posisinya di lini pertahanan Les Bleus di Qatar," tulis Federasi Sepakbola Perancis (FFF) dalam pernyataan yang dirilis pada Senin (14/11/2022).

Keputusan ini diambil setelah adanya diskusi antara Kimpembe, pelatih tim nasional Perancis, Didier Deschamps, dan dokter tim, dr. Franck Le Gall.

Untuk menggantikan posisi Kimpembe di lini pertahanan Les Bleus, julukan Perancis, Deschamps menunjuk Axel Disasi dari AS Monaco, yang belum pernah bermain bersama tim nasional senior.

Meski begitu, para staf dari tim Perancis menghargai kejujuran Kimpembe tentang kondisi fisiknya, sehingga mereka bisa dengan cepat mengambil keputusan.

"Staf tim Perancis berharap agar ia (Kimpembe) bisa mengembalikan kemampuan fisiknya secepat mungkin," tulis pernyataan tim Perancis.

Kimpembe telah mendapatkan kesempatan bermain kembali di liga domestik bersama PSG saat tim ibu kota Perancis itu menang atas Auxerre dengan skor 5-0 pada Minggu (13/11/2022) waktu setempat.

Bek berusia 27 tahun tersebut masuk sebagai pemain pengganti, meskipun begitu, ia tetap merasa belum bisa mendapatkan kondisi fisik yang mumpuni, serta kebugaran yang diperlukan untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

Ini merupakan pukulan berat bagi Perancis, lantaran Kimpembe belakangan menjadi partner sepadan bagi Raphael Varane, yang kini ada di skuad, namun juga dililit masalah kebugaran jelang turnamen.

Kimpembe, yang telah bermain sebanyak 28 kali untuk tim nasional Perancis, diproyeksikan akan kembali menjadi salah satu andalan Deschamps pada Piala Dunia 2022 kali ini.

Tanpa Kimpembe, lini belakang tim nasional Perancis secara materi tetap terlihat mewah.

Axel Disasi akan ditemani oleh Raphael Varane, Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, William Saliba, Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, Theo Hernandez, dan Jules Kounde di jajaran lini belakang Les Bleus.

Perancis, sang juara bertahan Piala Dunia ini akan tergabung dalam Grup D bersama dengan Australia, Denmark, dan Tunisia.

Perancis akan membuka perjalanan mereka mempertahankan gelar Piala Dunia dalam laga pertama melawan Australia pada Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

https://bola.kompas.com/read/2022/11/14/20000088/kimpembe-dicoret-dari-skuad-perancis-di-piala-dunia-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke