Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bintang di Milan Vs Inter, Rafael Leao Ukir Sejarah Lewati Figo-Rui Costa

KOMPAS.com - Bintang AC Milan, Rafael Leao, mengukir sejarah setelah tampil apik pada laga bertajuk Derby della Madonnina kontra Inter Milan.

Duel Milan vs Inter merupakan laga pekan kelima kasta teratas Liga Italia, Serie A, yang dihelat di Stadion San Siro pada Sabtu (3/9/2022) malam WIB.

Pertandingan tersebut berakhir 3-2 untuk kemenangan AC Milan asuhan Stefano Pioli.

Rafael Leao dinobatkan menjadi man of the match atau pemain terbaik pertandingan karena terlibat di seluruh gol kemenangan AC Milan.

Selain mencetak dua gol, Rafael Leao juga memberi assist untuk Olivier Giroud pada menit ke-54.

Adapun dua gol Rafael Leao tercipta pada menit ke-28 dan 60'.

Torehan brace ke gawang Inter Milan itulah yang membuat Rafael Leao mengukir sejarah.

Dikutip dari Opta Paolo, Rafael Leao kini tercatat sebagai pemain asal Portugal pertama yang mencetak gol pada laga Derbi Milan.

Itu artinya, Rafael Leao sukses melangkahi dua legenda timnas Portugal yang pernah bermain di Kota Milan, yakni Luis Figo (Inter) dan Rui Costa (AC Milan).

Figo dan Rui Costa tercatat tidak pernah mencetak gol di Derby della Madonnina meski sempat berkarier lebih dari dua musim di Kota Milan.

Seusai laga, Stefano Pioli selaku pelatih AC Milan langsung memuji Rafael Leao.

Pioli menilai dua gol ke gawang Inter Milan membuktikan bahwa Rafael Leao yang kini berusia 23 tahun adalah pemain bertalenta.

"Setiap kali kami menempatkan Rafael Leao dalam situasi 1vs1, dia adalah senjata penting kami. Rafael Leao memiliki bahasa tubuh yang membingungkan lawan," kata Pioli dikutip dari Football Italia.

"Saya dapat meyakinkan Anda bahwa Rafael Leao tahu potensi yang dia miliki. Kami memberi dia waktu dan kebebasan untuk membuat kesalahan agar dia bisa belajar," ucap Pioli.

Lebih lanjut, Pioli juga sempat menyinggung masa depan Rafael Leao.

Hal itu tidak lepas dari rumor yang menyebut Rafael Leao masuk dalam daftar incaran raksasa Inggris, Chelsea, pada bursa transfer musim panas yang lalu.

The Blues, julukan Chelsea, dikabarkan sempat ingin menebus Rafael Leao dengan mahar mencapai 100 juta euro atau lebih dari Rp 1 triliun.

Menurut Pioli, AC Milan masih ingin mempertahankan Rafael Leao.

Namun, Pioli belum berani memberi jaminan terkait rencana AC Milan memperpanjang kontrak Leao yang akan habis pada Juni 2024.

"Itu bukan hal yang bisa saya putuskan. Saya percaya bahwa AC Milan ingin mengusulkan pembaruan kontrak Rafael Leao," kata Pioli.

"Kami adalah tim profesional. Kami tahu bagaimana menghadapi situasi ini. Rafael Leao adalah pemain berbakat," tutur Pioli.

"Jadi, siapa pun yang bertugas menangani kontrak, harus melakukan apa yang harus mereka lakukan," ucap pelatih asal Italia itu menambahkan.

Kemenangan atas Inter Milan membuat AC Milan kini menempati peringkat kedua klasemen Liga Italia dengan koleksi 11 poin dari lima laga.

Rossoneri, julukan AC Milan, untuk sementara hanya kalah selisih gol dari Napoli asuhan Luciano Spalletti yang duduk di peringkat pertama.

Adapun Inter Milan kini menempati urutan keenam klasemen Liga Italia tertinggal dua angka dari AC Milan.

https://bola.kompas.com/read/2022/09/04/06564378/bintang-di-milan-vs-inter-rafael-leao-ukir-sejarah-lewati-figo-rui-costa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke