Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Timnas U16 Indonesia Bisa Bangkit untuk Bungkam Vietnam 2-1

KOMPAS.com - Pelatih timnas U16 Indonesia, Bima Sakti, mengaku sangat bersyukur setelah anak asuhnya berhasil bangkit dari ketertinggalan 0-1 ketika menghadapi Vietnam.

Duel timnas U16 Indonesia vs Vietnam merupakan laga pamungkas Grup A Piala AFF U16 2022 yang dihelat di Stadion Maguwoharjo pada Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Pertandingan tersebut berakhir 2-1 untuk kemenangan timnas U16 Indonesia asuhan Bima Sakti.

Perjuangan timnas U16 Indonesia untuk mengalahkan Vietnam tidaklah mudah. 

Garuda Asia, julukan timnas U16 Indonesia, tertinggal 0-1 terlebih dahulu setelah kapten Vietnam, Nguyen Chong Phuong, mencetak gol penalti pada menit ke-41.

Timnas U16 Indonesia kemudian bangkit dan mencetak dua gol pada awal babak kedua berkat aksi Arkhan Kaka Putra (51') serta Muhammad Nabil Asyura (55').

Seusai laga, Bima Sakti mengaku memberi motivasi khusus kepada anak asuhnya pada jeda babak pertama.

Inti dari motivasi yang diucapkan Bima Sakti adalah soal kesempatan berjuang membela Indonesia yang tidak mungkin datang dua kali.

"Pertama, saya bersyukur karena timnas U16 Indonesia berhasil meraih kemenangan walaupun sempat tertinggal," kata Bima Sakti.

"Begitu turun minum, saya berkata kepada pemain di ruang ganti bahwa kesempatan tidak datang dua kali," ujar Bima Sakti.

"Kalian harus berjuang. Ini kesempatan kalian untuk berjuang demi bangsa dan negara. Saya juga meminta pemain untuk langsung menekan sejak awal babak kedua," tutur mantan pemain Persema Malang itu.

"Saya meminta pemain untuk tampil lebih maksimal lagi, menekan, dan mengurangi kesalahan. Saya bersyukur kami bisa mencetak dua gol cepat dan meraih kemenangan," kata Bima Sakti menambahkan.

Kemenangan atas Vietnam membuat timnas U16 Indonesia dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF U16 2022 dengan status juara Grup A.

Dari tiga laga Grup A, timnas U16 Indonesia selalu berhasil meraih kemenangan dengan catatan mencetak 13 gol dan hanya kebobolan satu kali.

Adapaun lawan timnas U16 Indonesia di semifinal Piala AFF U16 2022 nanti adalah juara Grup C, di antar Malaysia, Myanmar, atau Kamboja,

https://bola.kompas.com/read/2022/08/06/23061908/cara-timnas-u16-indonesia-bisa-bangkit-untuk-bungkam-vietnam-2-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke