Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanggapan PSSI soal Hasrat Pemain Keturunan Indonesia Cyrus Margono Bela Timnas

KOMPAS.com – Kiper klub Yunani, Panathinaikos B, Cyrus Ashkon Margono dikatakan berhasrat untuk membela timnas Indonesia.

Cyrus Margono merupakan pemain keturunan Indonesia yang kini berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat.

Keinginan Cyrus Margono untuk memperkuat timnas Indonesia diketahui melalui penuturan Duta Besar Indonesia untuk Yunani, Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan.

Bebeb Nugraha menyampaikan hal demikian saat berkunjung ke kantor PSSI pada Rabu (2/3/2022).

Adapun kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

“Pemain ini (Cyrus Margono) berkeinginan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI),” kata Bebeb, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Umurnya masih 20 tahun dan kini bermain di klub Panathinaikos B. Posisinya adalah kiper,” jelas Bebeb soal profil Cyrus Margono.

Mendengar kabar tersebut, PSSI merasa antusias. Sebab, pemain kelahiran 9 November 2001 ini memiliki prospek menjanjikan andai berhasil merapat ke timnas U23 maupun senior.

Meskipun demikian, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan.

Mochamad Iriawan mengatakan bahwa dirinya bakal mempelajari terlebih dahulu beragam persyaratan administrasi.

“Saya berterima kasih atas masukan dari Duta Besar Indonesia untuk Yunani ini,” kata Iriawan terkait keinginan Cyrus Margono.

“Kami akan mempelajari dulu terkait administrasinya dan lain-lain. Tetapi, ini masukan yang bagus bagi PSSI,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Cyrus Margono mempunyai darah keturunan Indonesia dari sang ayah. Adapun ibunya merupakan sosok yang berasal dari Iran.

Kendati demikian, Cyrus Margono merupakan pemain yang lahir dan besar di Amerika Serikat.

Adanya darah Indonesia membuat pemain berpostur 190 cm ini memiliki potensi besar untuk menjadi bagian dari timnas Indonesia seperti Elkan Bagott.

Cyrus Margono sempat menimba ilmu di New York Soccer Club dan Met Oval Academy. Dia juga pernah merasakan tempaan Inter Milan Academy selama dua pekan.

Pada tahun 2019, Cyrus Margono bergabung di klub sepak bola Universitas Denver sebelum pindah di tahun berikutnya ke Universitas Kentucky dan merapat ke klub sepak bolanya UK Wildcast.

Potensinya pun tercium oleh Panathinaikos ketika Cyrus Margono tengah membela UK Wildcast.

Hal tersebut membuatnya direkrut oleh Panathinaikos selama tiga tahun. Namun, dia masih bermain untuk klub B yang berkompetisi di Super League B Yunani.

https://bola.kompas.com/read/2022/03/03/08400088/tanggapan-pssi-soal-hasrat-pemain-keturunan-indonesia-cyrus-margono-bela-timnas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke