Salin Artikel

Michael Edwards Siap Mundur, Liverpool Akan Kehilangan Sosok Kunci

KOMPAS.com - Sosok kunci di hierarki Liverpool, Michael Edwards, akan meninggalkan posisinya sebagai direktur olahraga The Reds pada akhir musim ini.

Michael Edwards bergabung bersama Liverpool pada 2011, awalnya sebagai kepala performa dan analisis.

Pada 2016, ia diangkat menjadi direktur olahraga dan berperan besar dalam mendatangkan pemain-pemain kunci di skuad Juergen Klopp sekarang, antara lain Mohamed Salah, Virgil van Dijk, serta Alisson.

Beberapa pemain kunci di tim datang dengan menggunakan uang penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona yang Edwards negosiasikan di harga 142 juta pound.

Selain itu, ia juga menjual beberapa pemain lain dengan harga optimal terkait dengan peran mereka di tim ketika dilepas.

Beberapa contoh terbaik perihal kejelian Edwards dalam menjual pemain adalah saat ia melepas Rhian Brewster (seharga 23,5 juta pound), Dominic Solanke (19 juta), dan kiper cadangan Danny Ward (12,5 juta).

Para pemilik Liverpool Fenway Sports Group telah beberapa kali berupaya meyakinkan pria berusia 42 tahun tersebut untuk bertahan dan menandatangani perpanjangan kontrak.

Namun, negosiasi bersama eks kepala pemandu bakat Tottenham dan Portsmouth tersebut tak berhasil dimuluskan.

Posisi Michael Edwards di Liverpool akan digantikan oleh asistennya, Julian Ward.

Ward sendiri berperan besar dalam mendatangkan Ibrahima Konate dari RB Leipzig dan penandatanganan kontrak baru ke pemain-pemain kunci Liverpool, seperti Trent Alexander-Arnold, Fabinho, dan Van Dijk.

The Athletic mengutarakan Ward, yang datang dari Manchester City pada 2012, adalah pilihan utama Edwards sebagai penerusnya.

Edwards menjelaskan, penunjukan Ward sebagai bentuk dari proses "Liverpool Way", promosi internal untuk memastikan keberlangsungan pengalaman dan pengetahuan institusi.

Edwards juga diyakini tak akan beralih ke klub lain untuk sementara ini, termasuk bergabung bersama klub kaya baru Newcastle United.

"Saya cinta bekerja di sini, saya penganut besar perlunya perubahan," tutur Edwards di surat terbukanya kepada fans Liverpool di situs resmi The Reds.

"Saya pikir hal bagus untuk para individu, dan juga sang pemberi kerja di setting pekerjaan."

"Selama saya di sini, kami telah mengubah banyak hal (semoga ke arah positif. Namun, mendatangkan orang baru akan menghadirkan perspektif, ide-ide baru, dan semoga membangun hal-hal yang telah ditempatkan sebelumnya."

Edwards sendiri akan tetap memantau perkembangan di klub untuk memastikan transisi optimal.

"Julian telah membangun skill tepat untuk menjalani peran ini. Tahun lalu ia menjabat sebagai asisten direktur olahraga dan selama 12 bulan terakhir telah diperkenalkan ke banyak aspek yang dibutuhkan agar terus sukses dalam peran ini," ujarnya.

"Saya percaya ia ideal untuk menjalani peran ini. Saya akan terus mendukung dia sepanjang musim depan selama kami menjalani transisi kepemimpinan."

https://bola.kompas.com/read/2021/11/11/10400098/michael-edwards-siap-mundur-liverpool-akan-kehilangan-sosok-kunci

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.