Salin Artikel

Timnas Taiwan Diterpa Krisis Jelang Hadapi Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala Asia

KOMPAS.com - Krisis menerpa skuad timnas Taiwan menjelang laga melawan Indonesia di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Taiwan harus kehilangan pelatih kepala, Vom Ca-nhum, dan beberapa pemain yang terkena skorsing karena tindakan indisipliner.

Padahal, dalam beberapa hari ke depan, Taiwan harus menghadapi timnas Indonesia dalam dua leg laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pertandingan Indonesia vs Taiwan dalam play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 itu akan digelar di Buriram, Thailand, pada 7 dan 11 Oktober 2021.

Saat ini, timnas Indonesia sudah tiba di Thailand sejak Minggu (3/10/2021) pukul 15.30 waktu setempat.

Sementara itu, kabar kedatangan timnas Taiwan di Thailand belum diketahui.

Sebab, kini, timnas Taiwan tengah mengalami persoalan internal yang melibatkan alkohol dan indisipliner pemain.

Dilansir Bolasport.com dari laman resmi Asosiasi Sepakbola Taiwan (CTFA), ada tiga pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain timnas Taiwan.

Beberapa pemain Taiwan dikabarkan kerap keluar pada malam hari untuk berpesta di tengah-tengah pemusatan latihan.

Beberapa pemain yang tertangkap tangan melakukan tindakan indisipliner adalah Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, Li Xiangwei, Lin Mingwei, dan You Jiahuang.

Insiden ini pun diketahui oleh tim pelatih timnas Taiwan, tetapi mereka menutup-nutupi fakta dan tidak melaporkan pelanggarakan itu kepada federasi.

Akibat adanya insiden ini, CTFA pun mengambil langkah tegas dengan menerapkan sejumlah sanksi kepada pemain yang melanggar aturan.

Sanksi yang dijatuhkan kepada pemain timnas Taiwan adalah:

1. Memberikan peringatan tertulis untuk Li Xiangwei dan Lin Mingwei.

2. Melarang Chen Haowei, Bai Shaoyu, dan Duan Zhu untuk berpartisipasi dalam timnas Taiwan selama satu tahun ke depan dan denda sebesar 30.000 yuan.

3. Melarang You Jiahuang untuk berpartisipasi ke timnas Taiwan selama enam bulan ke depan dan denda sebesar 10.000 yuan.

Bukan hanya itu, CTFA juga menskors sang pelatih kepala, Vom Ca-nhum, karena dianggap lalai dalam mendisplinkan pemainnya.

Vom Ca-nhum dianggap bersalah karena tidak segera melaporkan adanya tindakan indisipliner pemain dalam tubuh timnas Taiwan.

Oleh sebab itu, CTFA mengambil langkah tegas dengan mengganti Vom Ca-nhum dengan sang asisten, Ye Xianzhong.

Di satu sisi, kondisi ini bisa saja memberi keuntungan bagi timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Sebab, Shin Tae-yong sangat membutuhkan kemenangan dan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 demi keberlangsungan kariernya.

Jika gagal mengalahkan Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, bukan tidak mungkin jika Shin Tae-yong didepak PSSI dari timnas Indonesia. (Hugo Hardianto Wijaya)

https://bola.kompas.com/read/2021/10/04/16000028/timnas-taiwan-diterpa-krisis-jelang-hadapi-indonesia-di-play-off-kualifikasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.