Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

18 Klub Liga 1 2020 Sepakat Kompetisi Dilanjutkan 1 November

Kesepakatan untuk melanjutkan Liga 1 2020 dicapai 18 klub dalam Extraordinary Club Meeting 2020 yang diselenggarakan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI, di Sleman, Yogyakarta, Selasa (13/10/2020).

Sebanyak 18 klub Liga 1 2020 menilai kompetisi perlu dilanjutkan demi kemajuan sepak bola nasional.

Para perwakilan klub menganggap keberlanjutan Liga 1 2020 bertujuan untuk kepentingan tim nasional Indonesia agar bisa bersaing pada Piala Dunia U20 2021.

Selain itu, bergulirnya kompetisi juga dinilai bisa menghidupkan sektor ekonomi, antara lain Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kami tidak mau berpikir buruk (tidak dapat izin dari Polri). Kami optimistis. 18 klub ini optimistis, termasuk optimisme dari Bapak Ketum PSSI," ujar Manajer Umum Borneo FC, Firman Achmadi, sebagai salah satu perwakilan klub.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah memohon kepada pihak pemerintah dan kepolisian untuk memberikan izin.

Iriawan menilai sudah ada penurunan kasus Covid-19 yang parameternya mengacu kepada kebijakan Jakarta menjadi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) transisi.

"Ekspektasi sepak bola luar biasa, dan memang efek dari penundaan ini besar sekali, baik kepada pelatih, pemain, maupun seluruh stakeholder yang berkaitan dengan sepak bola, sponsor, dan semuanya," ujar Iriawan.

"Suporter juga memberi harapan penuh ingin kompetisi bergulir kembali, dan saya minta dengan hormat kepada suporter, khususnya yang punya basis fans yang besar, tolong diikuti anjuran dari kami selaku federasi sebagai yang dipercaya, untuk nonton di rumah saja."

Sedianya, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini akan dilanjutkan pada 1 Oktober 2020.

Akan tetapi, Liga 1 dan Liga 2 harus kembali ditunda hingga November 2020 mendatang lantaran tidak mendapatkan izin dari kepolisian.

Kala itu, Polri memutuskan untuk tidak menerbitkan izin melanjutkan kompetisi karena tingkat Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

https://bola.kompas.com/read/2020/10/13/19035478/18-klub-liga-1-2020-sepakat-kompetisi-dilanjutkan-1-november

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke