Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PSSI Tantang Riau Beri Jaminan Venue untuk Piala Dunia U20 2021

Ketua PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule baru saja berkunjung ke Stadion Utama Riau pada hari pada hari Kamis (13/2/2020) lalu.

Kunjungan PSSI dilakukan meninjau kelayakan sarana dan prasarana yang telah tersedia sesuai dengan syarat FIFA.

Dalam kunjungannya, Iwan Bule didampingi oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, dan Gubernur Riau, Syamsuar.

Sayang dalam tinjauan pertamanya banyak kekurangan, seperti tidak terawatnya lingkungan stadion dan beberapa hal lainnya.

Salah satu yang kemudian menjadi sorotan Iwan Bule ialah rumput lapangan dianggap belum memenuhi kriteria yang diberikan FIFA.

Sejatinya penunjukkan Stadion Utama Riau sebagai kandidat venue Piala Dunia U20 tak datang lansung dari PSSI, melainkan pengajuan dari Pemerintah Riau.

PSSI lantas tertarik memberikan kepercayaan melihat riwayat stadion tersebut pernah dipakai sebagai venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012.

Iwan Bule tak menjamin stadion yang dibangun itu akan terpilih ke dalam enam venue Piala Dunia U20 mendatang jika melihat dari kondisi terkini stadion.

Pasalnya, wewenang untuk memilih enam venue yang secara resmi digunakan untuk Piala Dunia U20 2021 ada di tangan FIFA.

"Pemerintah Riau mengirimkan surat ke kami, apa salahnya kami melihat. Kami sudah lihat, tetapi tentunya FIFA yang akan menilai," kata Mochamad Iriawan, Jumat (21/2/2020).

"Kami tak memaksakan Riau (masuk ke daftar). Kami lihat dulu, bersurat, terserah FIFA, kalau tidak, ya tidak bisa," ujar dia menegaskan.

Karena kondisi stadion yang terbengkalai, PSSI menuntut pemerintah setempat untuk melakukan renovasi jika ingin Stadion Utama Riau digunakan sebagai venue.

Nantinya, FIFA akan datang secara berkala mulai Maret 2020 untuk melihat langsung 11 kandidat venue Piala Dunia U20 2021.

"Kami harus minta jaminan itu dari Pemprov. FIFA akan melihat kondisi lapangan dari 11 venue," ucap Iwan Bule mengakhiri. (Muhammad Robbani)

https://bola.kompas.com/read/2020/02/23/10200008/pssi-tantang-riau-beri-jaminan-venue-untuk-piala-dunia-u20-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke