Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mou Sindir Neville dan Scholes yang Hanya Bisa Komentar

KOMPAS.com - Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, menyindir dua legenda klub tersebut, Gary Neville dan Paul Scholes.

Menurut Mou, keduanya hanya bisa mengkritik saat jadi komentator di televisi. Namun terbukti gagal saat jadi pelatih.

Semasa Mou masih melatih Man United, Neville dan Scholes memang kerap mengkritik atas gaya permainan yang dinilai tak sesuai filosofi tradional klub.

"Mereka pergi ke klub sepak bola, dan setelah dua bulan, 'selamat tinggal, ayo pulang karena ini tidak cocok untuk kita'," sindir Mou.

Neville pernah sekitar tiga bulan menukangi klub La Liga, Valencia. Namun ia dipecat setelah performa yang tidak memuaskan.

Demikian pula Scholes yang pernah menjadi pelatih klub Divisi Dua Liga Inggris, Oldham Athletic dengan durasi hanya sebulan.

Menurut Mou, menjadi pelatih tidak semudah yang dibayangkan. Karena butuh bakat khusus untuk bisa melakukannya, mencakup kualitas kepemimpinan, kualitas komunikasi, dan kecerdasan emosional.

Mou menuturkan, ada tekanan tersendiri bagi seorang pelatih yang menganalisa pertandingan dari bangku cadangan di lapangan, dibanding komentator yang hanya menyaksikan dari layar televisi.

"Keputusan itu ketika kamu berada di pinggir lapangan, bisakah kamu memiliki pikiran yang sama di pinggir lapangan dengan menjadi tenang saat menganalisis permainan? Bisakah kamu cukup berani untuk menghadapi tekanan?" ujar Mou.

https://bola.kompas.com/read/2019/05/03/18200068/mou-sindir-neville-dan-scholes-yang-hanya-bisa-komentar-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke