Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gol Pemain Amatir Ini Dinilai Layak Raih Puskas Award

KOMPAS.com - Seorang pemain di liga amatir Inggris belum lama ini mencetak gol yang dinilai layak diganjar penghargaan Puskas Award.

Dia adalah Jason Cowley yang bermain untuk klub Bromsgrove Sporting FC. Gol itu dicetak saat timnya berhadapan dengan Corby Town dalam ajang Southern League Division One Central, di Victoria Ground, Kota Stoke.

Southern League Division One Central merupakan liga kasta kedelapan dalam sepak bola Inggris.

Gol Cowley dicetak pada menit ke-45 sebelum istirahat. Pada laga tersebut, Bromsgrove menang 2-1.

Mereka juga menggambarkan gol Cowley sebagai salah satu yang terbaik yang pernah dilihat di Victoria Ground dalam 109 tahun terakhir.

"Gol yang spektakuler bisa terjadi di level mana pun dan kualitas yang luar biasa juga bisa disaksikan di kompetisi non-liga," tulis keterangan klub dikutip dari Press Association.

Sementara itu, Cowley mengaku terkejut dengan gol yang diciptakannya. Cowley merupakan pencetak gol terbanyak di Bromsgrove Sporting, setelah baru-baru ini mengantongi gol ke-100 untuk klub.

"Aku benar-benar tidak tahu bagaimana merayakannya," ucapnya.

Puskas Award adalah penghargaan gol terbaik yang setiap tahun diselenggarakan Badan Sepak Bola Dunia, FIFA. Penilaian pemenang memang tidak dipilih oleh tim ahli, melainkan dari hasil pemungutan suara.

Pemenang Puskas Award tidak selalu jatuh kepada pemain profesional level tertinggi, terutama yang bermain di Eropa atau pertandingan interasional.

Golnya tercipta lewat tendangan bebas jarak jauh saat timnya berhadapan dengan Pahang FA dalam Liga Super Malaysia.

Faiz Subri menorehkan sejarah sebagai pemain pertama Malaysia dan bahkan Asia yang berhasil memenangi FIFA Puskas Award.

https://bola.kompas.com/read/2019/03/25/12410078/gol-pemain-amatir-ini-dinilai-layak-raih-puskas-award

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke