Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Punya Pelatih Baru pada 15 Januari 2016

Kompas.com - 13/01/2017, 11:59 WIB

Tim Redaksi

Sumber -

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum II PSSI, Iwan Budianto, memastikan pelatih anyar tim nasional Indonesia akan diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) pada 15 Januari 2016. 

Hal menarik dari calon pelatih anyar Indonesia adalah gajinya yang tinggi. Konon, gaji pelatih baru itu tiga kali lipat ketimbang pelatih terdahulu, Alfred Riedl.

Tidak hanya pelatih timnas merangkap sebagai pelatih Indonesia U-23 yang akan ditetapkan. Dalam rapat Exco tersebut juga akan ditentukan pelatih Indonesia U-19 dan U-16.

Sebelumnya, PSSI sudah menyebutkan dua nama calon untuk masing-masing kategori timnas. Kandidat untuk Timnas Indonesia merangkap Indonesia U-23 adalah Luis Fernandez (Prancis) dan Luis Milla (Spanyol).

Calon pelatih timnas U-19 ada nama Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal. Sementara buat U-16 calonnya yakni Fachri Husaini dan Rudy Eka Priambada.

"Kami sudah berkomunikasi dan bernegosiasi dengan semua calon. Hasilnya akan diputuskan pada rapat Exco pada 15 Januari dan akan diumumkan sehari setelahnya," ucap Iwan selepas pemakaman jenazah kiper Arema FC, Achmad Kurniawan, di Cijantung, Rabu (11/1/2016).

Selain itu, Iwan juga mengungkapkan bahwa PSSI harus merogoh kocek tiga kali lebih besar ketimbang Alfred Riedl untuk dua kandidat pelatih timnas tersebut.

Saat menjadi pelatih timnas, Riedl mendapat bayaran sekitar Rp 200 juta per bulan. Artinya, upah Fernandez atau Mila dipastikan lebih dari setengah miliar.

"Kalau nilainya kan hanya masalah teknis. Kami sudah menyiapkan bayaran lebih dari tiga kali gaji Riedl," tutur Iwan.

Nilai tersebut menjadi lumrah jika melihat rekam jejak Luis Fernandez dan Luis Milla. Keduanya punya kiprah bagus di Eropa.

Dalam karier kepelatihan, Luis Fernandez pernah melatih berbagai negara. Dia pernah melatih timnas Israel pada 2010-2011 dan menangani timnas Guinea pada 2015-2016.

Sementara itu, untuk level klub, Fernandez pernah menukangi Paris Saint-Germain (PSG), Athletic Bilbao, dan Espanyol.

Untuk PSG, pelatih kelahiran Spanyol berusia 57 tahun ini pernah memberikan sejumlah gelar, antara lain Piala Perancis, Piala Super Perancis, dan Piala Winners.

Adapun Milla merupakan mantan pelatih timnas Spanyol U-19 dan U-23. Semasa berkarier sebagai pemain, dia pernah membela Real Madrid, Barcelona, dan Valencia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com