Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serigala Kalahkan Harimau dan Kucing untuk Maskot Piala Dunia

Kompas.com - 22/10/2016, 21:04 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber FIFA

KOMPAS.com — FIFA telah menetapkan maskot untuk Piala Dunia 2018 di Rusia, Sabtu (22/10/2016). Karakter yang menyerupai serigala itu diberi nama Zabivaka.

Dalam bahasa Rusia, Zabivaka berarti sosok yang mencetak gol. Makna tersebut tecermin dari gambar Zabivaka, yang tampak hendak melepaskan tembakan.

"Dia mungkin menjadi pemain termuda di skuad, tetapi Anda tidak akan menemukan sosok yang lain yang lebih cepat, berani, atau terampil," tulis deskripsi serigala di situs resmi FIFA.

Karakter serigala dipilih setelah meraup 52,8 persen suara dalam pemungutan suara. Di bawahnya, ada harimau dengan 27 persen dan kucing dengan 20 persen.

Diklaim FIFA, lebih dari satu juta orang terlibat dalam pemungutan suara di situs resminya dan Channel 1 selama satu bulan.

Perlu diketahui pula, ketiga karakter tersebut disaring dari karya yang dikirimkan para mahasiswa di Rusia.

"Kami sangat senang karena maskot Piala Dunia merupakan hasil kreativitas dan komitmen masyarakat Rusia untuk menyukseskan turnamen. Saya meyakini, Zabavika akan menjadi gebrakan besar buat suporter," ucap Sekretaris Jenderal Fifa Fatma Samoura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com