Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Italia, Jerman Tidak Cuma "Tampil" 60 Menit

Kompas.com - 30/03/2016, 09:49 WIB

MUENCHEN, KOMPAS.com - Toni Kroos dan Antonio Ruediger mensyukuri kemenangan 4-1 tim nasional Jerman atas Italia pada laga persahabatan di Stadion Allianz Arena, Selasa (29/3/2016). Dua pemain itu menilai timnya bisa mempertahankan performa selama 90 menit.

Jerman menang berkat gol dari Kroos (24'), Mario Goetze (45'), Jonas Hector (59'), dan Mesut Oezil (75'). Gol hiburan Italia dibukukan El Shaarawy pada menit ke-83.

Hasil ini juga menjadi kebangkitan Jerman seusai kalah 2-3 dari Inggris di Stadion Olimpiade Berlin, Sabtu (26/3/2016). Saat itu, Der Panzer sempat unggul 2-0 lebih dulu hingga menit ke-60, tetapi Inggris bisa membalikkan keadaan dalam 30 menit sisa pertandingan.

"Hari ini kami tidak hanya bermain bagus selama 60 menit, tetapi kami mampu berkonsentrasi dalam 90 menit," tutur Ruediger di situs resmi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

"Kami menunjukkan pertahanan yang solid. Ini penampilan berbeda dibandingkan ketika kami melawan Inggris," kata Kroos menambahkan.

Pada laga tersebut, Kroos dinilai pelatih Joachim Loew tampil cemerlang. Pelatih juara dunia 2014 itu pun tak segan melayangkan pujian.

"Mesut Oezil dan Toni Kroos bekerja sangat bagus dalam wilayah bertahan di lini tengah. Namun,secara keseluruhan, semua pemain menjalankan tugas dengan maksimal," ujar pria berusia 56 tahun itu.

Mendapatkan pujian dari Loew, Kroos semringah. Dia pun mengatakan kunci permainannya ada pada kesungguhan dan mentalitas bertanding.

"Laga persahabatan atau bukan, saya tidak peduli. Saya ingin menang dalam semua pertandingan," ucap Kroos.

Bagi Jerman, kemenangan ini merupakan yang pertama atas Italia sejak Juni 1995. Setelah itu, dalam 7 laga, mereka kalah 4 kali dan sisanya seri. 

Laga melawan Italia menutup jadwal persahabatan Jerman jelang penetapan skuad untuk Piala Eropa 2016. Mereka akan kembali melakoni uji coba jelang putaran final Piala Eropa 2016 dengan menghadapi Slovakia dan Hungaria. (Septian Tambunan) 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com