Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta PSSI-Kemenpora Damai, PSGC Kumpulkan Petinggi Klub Se-Indonesia

Kompas.com - 15/02/2016, 17:08 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


CIAMIS, KOMPAS.com - Persatuan Sepakbola Galuh Ciamis (PSGC) akan mengundang seluruh CEO atau petinggi klub sepakbola seluruh Indonesia untuk bertemu di Kabupaten Ciamis pada 24-26 Februari mendatang.

Pertemuan itu akan membahas sikap seluruh klub sepak bola di Indonesia terkait konflik antara PSSI dan Kemenpora RI yang belum selesai.

"PSGC berinisiatif akan mengumpulkan klub-klub di Indonesia untuk melakukan pembahasan terkait sikap kami dengan adanya konflik antara PSSI dan Kemenpora," ucap Manager PSGC, Herdiat, saat bertemu wartawan di Stadion Galuh Ciamis, Senin (15/2/2016) 

"Kami sudah undang seluruh klub. Sampai hari ini, baru 58 klub yang sudah mengonfirmasi akan hadir di Ciamis," tuturnya. 

Herdiat menambahkan, dari 58 klub yang telah memastikan akan hadir adalah 9 klub dari ISL, 45 klub dari Divisi Utama, dan 4 klub dari Liga Nusantara.

Klub dari ISL yang akan hadir dalam pertemuan itu di antaranya adalah klub besar Persib Bandung, Arema Cronus, Sriwijaya FC, Semen Padang, Bali United, dan Persiba Balikpapan.

"Sebanyak 58 klub ini sudah akan hadir di Ciamis. Sisanya belum mengonfirmasi email undangan dari PSGC. Diharapkan semua klub di Indonesia bisa hadir pada acara nanti," ucap Herdiat.

Menurut dia, acara pembahasan terkait sikap klub ini akan sangat penting bagi kelangsungan klub sepak bola di Indonesia. Nantinya, akan ada beberapa pembahasan yang akan diambil untuk disepakati bersama. Salah satunya adalah upaya klub untuk mendamaikan perselisihan antara PSSI dan Kemenpora.

"Adanya konflik PSSI dan Kemenpora sangat merugikan klub di Indonesia dan sepak bola di negara ini. Masalah ini jangan sampai dibiarkan berlarut-larut terus, harus segera diselesaikan. Soalnya klub dan pesepak bola yang rugi, bukan PSSI atau pemerintah," tutur dia.

Adapun pelaksanaan acara pertemuan antar klub ini, kata Herdiat, diadakan oleh PSGC menggunakan dana kas klub. Herdiat memastikan dalam acara nanti tak akan ada intervensi dari PSSI ataupun Kemenpora.

"Ini murni kesepakatan klub nantinya. Bukan dari PSSI atau pemerintah (Kemenpora). Saya tegaskan sekali lagi, ini inisiatif dari PSGC untuk keberlangsungan sepak bola nasional," ucap dia.

PSGC sebagai tuan rumah pertemuan antar klub ini meminta kepada seluruh klub sepakbola di Indonesia yang belum mengonfirmasi kehadirannya untuk segera memberitahukan kepada manajemen tim. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com