Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chelsea Jadi Incaran Para Calon Lawan Babak 16 Besar

Kompas.com - 10/12/2015, 17:52 WIB
KOMPAS.com - Manajer Chelsea, Jose Mourinho, menyebut timnya bakal menjadi incaran para calon lawan pada babak 16 besar Liga Champions. Secara tersirat, pria asal Portugal ini mengakui bahwa dari delapan tim juara grup babak penyisihan, hanya Zenit St Petersburg dan Chelsea yang dinilai "lemah".

The Blues lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup G setelah menang 2-0 atas FC Porto pada laga pamungkas di Stamford Bridge, Rabu (9/12/2015). Nah, mereka berpeluang bertemu dengan satu dari enam tim runner-up grup pada dua leg fase knock-out.

Dalam undian yang akan dilakukan pada Senin (14/12), Chelsea berpeluang menghadapi Paris Saint-Germain, PSV Eindhoven, Benfica, Juventus, AS Roma atau Gent. Sebenarnya masih ada dua tim runner-up, yakni Arsenal dan Dynamo Kiev, tetapi Chelsea takkan mungkin bertemu mereka.

Berdasarkan aturan UEFA, tim dari satu negara tak boleh bertemu pada babak 16 besar (termasuk pada fase grup), sehingga tak mungkin Arsenal menjadi lawan The Blues. Kemudian, Kiev sudah menjadi lawan Chelsea pada fase grup, sehingga mereka harus dipisahkan pada fase berikutnya.

"Semua tim yang finis kedua pasti ingin bermain melawan kami atau Zenit St Petersburg," ujar Mourinho kepada para wartawan setelah mengalahkan Porto, yang dua kali menjuarai Liga Champions.

"Semuanya tak ingin melawan Barcelona, mereka tak ingin melawan Real Madrid, mereka tak ingin menghadapi Atletico Madrid, tak ingin melawan Bayern Muenchen."

Memang, performa Chelsea pada musim 2015-2016 ini sangat tidak memuaskan, khususnya pada kompetisi domestik. Juara bertahan Premier League ini untuk sementara menempati peringkat ke-14 klasemen setelah mengalami delapan kekalahan dari 15 laga yang sudah dilakoni.

Kondisi ini membuat posisi Mourinho terancam. Tampaknya gelar Liga Champions bisa membuat mantan bos Inter Milan dan Real Madrid itu lolos dari kemungkinan pemecatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com